-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Libatkan 100 Dokter, Bayi Kembar Siam Perempuan Berhasil Dipisahkan

Jumat, 17 Juli 2020 | 7/17/2020 WIB Last Updated 2020-07-17T03:44:58Z
Truc dan Dieu 

Jakarta.Internationalmedia.id.-Bayi kembar siam berusia 13 bulan yang menyatu di bagian pinggul dari Vietnam berhasil dipisahkan.

Kakak beradik mungil bernama Truc Nhi (Pohon Bambu Kecil) dan Dieu Nhi (Keajaiban Kecil) kini dalam kondisi  stabil.

Tapi semua ini berkat upaya masif mendebarkan yang melibatkan 100 tenaga medis. Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Jumat (17 Juli 2020) tim dokter berjuang bergantian dalam operasi yang berlangsung 12 jam di City Children's Hospital di Ho Chi Minh.

Selama tiga bulan ke depan, recovery masih akan berlangsung secara intens. Para dokter akan membantu Truc dan Dieu untuk menumbuhkan kembali jaringan saluran pencernaan dan saluran kencing selain menutup panggul masing-masing.

Truc dan Dieu lahir melalui operasi caesar setelah dokter menyadari keduanya menyatu di bagian panggul. Berbagi nutrisi dari tali pusat mereka dinyatakan kekurangan gizi dan membutuhkan perawatan 24 jam setelah lahir.

Tim dokter sedang mengoperasi

Direktur rumah sakit Truong Quang Dinh mengatakan, “Kami bisa menyatakan operasi ini berlangsung sukses dan langkah pertama yang krusial. Proses pemulihan akan sulit dan lebih menantang bagi tim di rumah sakit. Tapi kami akan fokus dan melakukan segalanya."

Si kembar yang berbobot 14 kg hingga kini mampu beradaptasi dengan baik.  Tim inti yang terdiri dari sembilan dokter telah merencanakan operasi pemisahan sejak kelahiran keduanya pada Juni 2019.

Truc dan Dieu menyatu dalam posisi sedemikian rupa sehingga jika Truc  duduk, Dieu harus berbaring telentang. Profesor Tran Dong A yang ikut dalam operasi mengatakan,  "peluang bayi istimewa ini untuk pulih sepenuhnya sangat positif berkat teknik dan peralatan bedah yang canggih."

Sebelumnya Tran berhasil melakukan operasi lain untuk memisahkan bocah kembar siam Vietnam tahun 1988. PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc dan penjabat menteri kesehatan Nguyen Thanh Long mengirim ucapan selamat kepada tim dokter dan keluarga.

Mereka berharap serangkaian operasi lanjutan termasuk operasi plastik akan berlangsung lancar.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update