-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota DPRD Jabar: Ada Irigasi, tapi di sawah tidak ada Air

Kamis, 09 Juli 2020 | 7/09/2020 WIB Last Updated 2020-07-09T08:56:10Z
Daddy bersama Kuwu Pangkalan
Kab.Cirebon.Internationalmedia.id.- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady  menyatakan rasa keanehannya akan temuan-temuannya yang menyangkut permasalahan masyarakat selama melakukan reses 8 hari dibeberapa titik Dapil 12, Kabupaten Cirebon-Indramayu.

Seperti yang terdapat di Desa Pangkalan Kecamatan Pangkalan Sumber Kabupaten Cirebon. Ada saluran irigasi primer dari  Bendung Rentang, tetapi sawah tidak kebagian air karena hanya sehari dalam seminggu. Itu pun sedimentasinya sudah cukup parah.

Belum lagi, sampah plastik kerap kali begitu menumpuk. Kuwu dan aparat desa mohon agar ada pembuatan Tembok Penahan Tanah(TPT) sepanjang saluran GS yang menuju Desa Pangkalan. Di desa ini ada 3 kelompok tani dan satu gapoktan.

Sayangnya, intensitas tanam mereka baru. Mereka berharap bisa membantu mewujudkan kemandirian pangan daerah, khususnya melalui desa ini.

Ada hal lain yang juga diminta, yakni saluran irigasi dipenuhi, itu baru untuk mengairi sebagian wilayah saja di Desa Pangkalan.

Ada sumber air yang volumenya cukup, yakni sungai. Di sana juga sudah ada bendungan kecil. Sayangnya, permukaan air sungai jauh lebih rendah dari permukaan sawah.

Desa Pangkalan (kelompok tani dan kepala desanya) mengajukan pengadaan bantuan pompa dan bak penampungan serta penyalurannya menuju sawah-sawah mereka.

            Puskesmas Sumber

Puskesmas ini dekat dengan Pasar Sumber. Jadi, merekalah pihak pertama yang dihubungi ketika ada 2 orang pasien positif di pasar tersebut. Kemudian, kedua pasien tersebut sudah dikirim rujukannya ke RSUD Gunung Jati di Kota Cirebon.

Demikian juga dengan satu orang pasien lainnya yang tinggal di wilayah Kecamatan Sumber.

Kemudian, bantuan alat pelindung diri(APD) dan masker yang diberikan amat diharapkan di masa awal. Kini mereka sudah kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat, meskipun belum 100% seperti sebelum pandemic covid-19.

Mereka sangat berterima kasih atas bantuan masker dan perhatian Provinsi Jawa Barat, kata Daddy.(Lys)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update