Notification

×

Iklan

Iklan

PBNU Maklumi Arab Saudi Batasi Jamaah Haji

Selasa, 23 Juni 2020 | 17:15 WIB Last Updated 2020-06-23T10:15:08Z
                                                        Foto : Ilustrasi

Jakarta.Internationalmedia.id.-Ketua Pengurus Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Robikin Emhas memaklumi pembatasan kuota haji oleh Arab Saudi demi keselamatan jamaah di tengah pandemi COVID-19.

Kita memaklumi keputusan pemerintah Saudi. Karena kita tahu bahwa kesehatan dan keselamatan manusia adalah bagian dari ajaran Islam.

Sedangkan bulan haji 1441 Hijriah masih dalam keadaan pandemi COVID-19.

Robikin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa,(23/6/2020)lebih jauh menyatakan,calon haji Indonesia juga bisa memahami keputusan Kerajaan Saudi itu.

Tentu hal itu berbeda jika keputusan pembatalan pengiriman jamaah tahun ini disebabkan ketidaksiapan pemerintah Indonesia.

Dia berharap calhaj tidak berkecil hati dengan keputusan Saudi tersebut. Banyak ibadah yang keutamaannya setara dengan menunaikan ibadah haji.

Robikin mencontohkan ibadah yang menjamin kelangsungan hidup dan memberi makan yatim piatu, konsisten hadir dalam majelis ilmu, berbakti kepada kedua orang tua dan berdzikir sepanjang waktu dengan bacaan "baqiatus shalihat".

Sebelumnya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan musim haji 1441 Hijriah diputuskan akan tetap berlangsung dengan jumlah jamaah yang terbatas.

Hal tersebut berdasarkan berita yang dilansir Saudi Press Agency pada Senin (22/6/2020). Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, setiap orang yang saat ini tinggal di Arab Saudi dari negara manapun mereka berasal boleh menunaikan ibadah haji tahun ini.(*)


×
Berita Terbaru Update