-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Tanjungbalai Dilanda Banjir Rob

Sabtu, 11 April 2020 | 4/11/2020 WIB Last Updated 2020-04-11T08:03:31Z


Tanjungbalai.Internationalmedia.id.- Banjir rob atau banjir air pasang laut sudah 4 hari merendam dataran rendah di Kota Tanjung Balai, dengan ketinggian air pasang laut diperkirakan mencapai 50 Sentimeter, Jum'at Sore(10/4).

Akibatnya sejumlah badan jalan dan pemukiman warga Kota Tanjungbalai yang berada di dataran terendah terendam air.Meluapnya air sungai dapat mengakibatkan kerusakan infrastruktur, timbulnya wabah penyakit, serta terganggunya aktivitas  perekonomian masyarakat.

Menurut warga, fenomena alam ini setiap tahun dialami mereka, namun kali ini sangat parah ketinggiannya.Selama empat jam sehari, air yang naik ke daratan, berkisar dimulai dari pukul 16.00 Wib atau pukul 4 sore sampai pukul 20.00 Wib atau pukul 8 malam air baru kembali surut.

Hampir seluruh pemukiman warga di beberapa kelurahan seperti Kuala Silo Bestari, Matahalasan, Pantai Burung, Indra Sakti, Keramat Kubah terutama yang berada di sepanjang bantaran Sungai Silo dan Sungai Asahan.

Salah seorang warga Kelurahan Kuala Silo Bestari Ahmad Dahlan (71) mengatakan,  banjir rob memang sering terjadi setiap tahun, tapi sekarang semakin parah, dulu banjirnya tidak seperti ini besarnya, dari tahun ke tahun banjirnya semakin tinggi. 

Hal ini karena penumpukan pasir atau sedimentasi yang terbawa arus air dari hulu menuju hilir Sungai Silau dan Sungai Asahan sangat besar,  menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana banjir di Kota Tanjungbalai.
Diharapkan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi  Sumut dapat memperbaiki kondisi Sungai Asahan dan Sungai Silo dengan melakukan pengerukan. 

Dikatakan, tingginya tumpukan sedimentasi di Sungai juga dapat mengganggu kelancaran  berbagai aktivitas sungai seperti perahu nelayan tak jarang kandas ditengah sungai dan juga sudah pasti dapat mengganggu kapal yang melintas menuju Pelabuhan Teluk Nibung.

Hal ini sangat mempengaruhi minat investor untuk meningkatkan nilai investasinya di Kota Tanjungbalai,katanya.(Mar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update