Notification

×

Iklan

Iklan

KAI Commuter Operasikan 1.048 Perjalanan Commuter Line Jabodetabek Pada Libur Panjang Idul Adha

Jumat, 14 Juni 2024 | 18:33 WIB Last Updated 2024-06-14T11:33:58Z
Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba

Jakarta.Internationalmedia.id.- Memasuki libur panjang Idul Adha dan Libur anak sekolah mulai 13 Juni – 14 Juli 2024 (selama 32 hari), KAI Commuter mengoperasikan total perjalanan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 32.824 perjalanan dengan total kapasitas angkut pengguna sebesar 1.838.740 orang per harinya. 

Pada periode tersebut KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.048 perjalanan pada hari kerja dan sebanyak 959 perjalanan pada akhir minggu dan hari libur untuk seluruh lintas Jabodetabek.

Khusus pada libur dan cuti bersama Idul Adha (15-18 Juni 2024), KAI Commuter tetap mengoperasikan pelayanan mengacu hari kerja yaitu sebanyak 1.048 perjalanan tiap harinya.

Dengan pengoperasian yang tetap mengacu pada hari kerja, diharapkan masyarakat tetap dapat bermobilisasi secara normal menggunakan kereta commuter line. 

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangannya, Jumat(14/6/2024) petang memprediksi jumlah volume pengguna selama masa libur dan cuti bersama Idul Adha sebanyak 2.812.419 orang dengan 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi. 

Sedangkan total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang libur Idul Adha dan Libur Anak Sekolah selama 32 hari (13 Juni – 14 Juli 2024) diprediksi sebanyak 27.167.314 orang. 

Demi kenyamanan bersama saat menggunakan Commuter Line, KAI Commuter mengimbau dilarang membawa barang bawaan yang berbau menyengat dan menggangu kenyamanan peengguna lainnya selama menggunakan Commuter Line. KAI Commuter juga mengajak untuk selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta.

Commuter Line Basoetta dan Commuter Line Merak selama Libur Idil Adha dan Libur Anak Sekolah

Untuk mengakomodir peningkatan pengguna yang akan menuju Bandara Soetta, KAI Commuter mengoperasikan 4 perjalanan Commuter Line Basoetta tambahan menjadi 60 perjalanan setiap hari libur pada masa libur panjang Idul Adha dan Libur anak sekolah yaitu tanggal 13 Juni – 14 Juli 2024.

Dengan penambahan perjalanan tersebut, total pengoperasian perjalanan Commuter Line Basoetta selama periode tersebut sebanyak 1.860 perjalanan dengan kapasitas angkut 16.320 orang perharinya. Ditargetkan, KAI Commuter dapat melayani sebanyak 221.253 pengguna.

Untuk memudahkan transaksi pembayaran tiketnya, mulai 13 Juni 2023 ini pembayaran tiket Commuter Line Basoetta di vending machine sudah dapat menggunakan QRIS atau kartu Debit/Kredit Bank. 

Sebelumnya pembelian tiket juga dapat melalui C-Access, Access by KAI, website: reservation.kci.id dan menggunakan KMT.

Sementara untuk Commuter Line Merak, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan tiap harinya, dengan total kapasitas pengguna sebanyak 10.685 orang per harinya. 

Pada periode libur Idul Adha dan libur anak sekolah tahun ini prediksi pengguna Commuter Line Merak berdasarkan data sebanyak 313.361 orang selama periode 13 Juni – 14 Juli 2024.

Untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket Commuter Line Merak dapat melalui Acces by KAI yang dapat dilakukan pada H-7 sebelum hari keberangkatan atau pembelian langsung di Stasiun selalu persediaan masih ada. Pengguna diharapkan datang lebih awal untuk verifikasi data sebelum keberangkatan.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan. Kepada para pengguna yang membawa keluarga dan anak untuk selalu menjaga dan mengawasinya selama di kereta dan Stasiun, serta ikuti arahan petugas dan tetap waspada juga selalu menjaga keselamatan.(rel)

×
Berita Terbaru Update