Notification

×

Iklan

Iklan

Kick Off Optimalisasi PAD Digelar di Alam Terbuka Tahura Gunung Kunci

Selasa, 06 Februari 2024 | 15:12 WIB Last Updated 2024-02-06T08:12:43Z
Kick Off Optimalisasi PAD Digelar di Alam Terbuka Tahura Gunung Kunci

Sumedang.Internationalmedia.id.-Bapenda menggelar Kick Off Metting (pertemuan awal Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan tema “’Beyond Sehati Menuju Juara di Hati Rakyat’  di alam terbuka Tahura Gunung Kunci, Selasa (6/2/2024).

Pj. Sekda Sumedang Tuti Ruswati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan secara outdoor tersebut karena bisa meningkatkan motivasi, membangun silaturahmi dan membangun kebersamaan.  

"Kegiatan ini bisa dibilang acara yang serius tapi santai untuk meningkatkan motivasi, membangun silaturahmi dan gotong royong," kata Pj Sekda Tuti saat membuka kegiatan.

Ia berharap Pemda Sumedang akan mencapai PAD dengan gotong royong dan bahu membahu serta membasmi pasalingsingan.  

"Dalam arti tidak terkotak-kotak, tetapi jajaran Bapenda ini merupakan katalisator bagi peningkatan pendapatan Kabupaten Sumedang sebagai leverage, karena jika kita membangun Sumedang Beyond Sehati untuk juara di hati rakyat, tidak mungkin kalau tanpa pendapatan," ujarnya.

Dikatakan Pj. Sekda pendapatan dan program kegiatan ini sudah ditetapkan dalam APBD tahun 2024. "Maka pendapatan wajib mencapai 100 persen untuk menutupi program dan kegiatan untuk kesejahteraan rakyat. Sehingga apabila pendapatan tidak tercapai maka ada program kegiatan yang mungkin tidak bisa dilaksanakan," katanya.

Menurut Kepala Bapenda Rohana,  pendapatan Kabupaten Sumedang di tahun 2024 kurang lebih senilai Rp 3 triliun.  "Pendapatan dari sektor pajak Rp 297 miliar. 

Pendapatan bisa dicapai sesuai target 100 persen jika semua kompak dan  sabilulungan. Mudah-mudahan Bapenda bisa mendorong dan merealisasikan pendapatan yang telah ditargetkan di tahun 2024," katanya.

Terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan secara outdoor, Rohana mengatakan pihaknya ingin memberikan contoh kepada seluruh masyarakat, SKPD, BUMN/BUMD bahwa Sumedang mempunyai potensi wisata.  

"Sumedang mempunyai tempat yang bisa dijadikan lokasi kegiatan yang menyatu dengan alam, dan dampak dari kegaitan yang dilaksanakan di lokasi wisata ini kita bisa meningkatkan pendapatan daerah khusunya dari retribusi pengelolaan kekayaan daerah," ujarnya.

Sumedang mempunyai Tahura Gunung Kunci dan Gunung Palasari yang lokasinya berdampingan. "Kedua tahura ini menjadi potensi yang harus dikembangkan, sehingga dari dua sumber potensi ini bisa meningkatkan pendapatan di Kabupaten Sumedang," terangnya.

Selain itu tujuan dari kegiatan tersebut yakni bagaimana Bapenda bisa mensinergikan dengan SKPD lain untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumedang bisa dikenal masyarakat luas. 

"Karena tahura yang ada di Sumedang bisa dijadikan wisata sejarah, dan ini menjadi daya tarik karena berbeda dengan tahura yang ada di daerah lain. Selain itu dengan kegiatan ini akan memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan," katanya.(mar)

×
Berita Terbaru Update