Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia-Finlandia Sepakat Dorong Kerjasama Ekonomi

Selasa, 20 Februari 2024 | 14:59 WIB Last Updated 2024-02-20T08:00:29Z

Helsinki.Internationalmedia.id.-Duta Besar Republik Indonesia untuk Finlandia dan Menteri Ekonomi Finlandia Wille Rydman sepakat dorong kerja sama ekonomi kedua negara. 

Hal ini disampaikan pada pertemuan tindak lanjut pasca kunjungan delegasi bisnis Finlandia ke Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Rydman.

Dubes RI sampaikan apresiasi atas kunjungan ke Indonesia tersebut yang juga merupakan bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Finlandia. 

Dubes RI turut undang Menteri Rydman untuk hadir pada Indonesia Finland Festival 2024 di Helsinki, 15 – 16 Juni 2024 sebuah kegiatan promosi terpadu yang akan diselenggarakan oleh KBRI Helsinki.

Kunjungan delegasi bisnis tersebut dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2024 dan dianggap sebagai salah satu kunjungan kerja yang paling produktif. Pasar Indonesia, sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, dinilai memiliki potensi besar dalam meningkatkan hubungan bilateral dan aktivitas ekonomi antara Finlandia dan Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi bisnis Finlandia yang terdiri dari 15 perusahaan tertarik untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai smart city. 

Perusahaan-perusahaan Finlandia membawa berbagai solusi teknologi seperti inovasi teknologi konektivitas 5G dan 6G dari Nokia, sistem kunci dari Abloy, stasiun pengisian kendaraan baterai dari Virta, dan teknologi satelit dari ICEYE untuk pemantauan kawasan hutan.

Menteri Rydman sampaikan dukungan untuk membuka akses bagi perusahaan swasta Finlandia guna meningkatkan presensinya di Indonesia. Perusahaan-perusahaan Finlandia akan melakukan negosiasi langsung dengan mitra di Indonesia yang difasilitasi oleh Business Finland Jakarta.

Pertemuan antara Dubes RI dan Menteri Rydman merupakan momen penting sejak pembentukan kabinet di bawah pemerintahan Perdana Menteri Petteri Orpo. Pertemuan ini dianggap sebagai langkah esensial dimana kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Finlandia diharapkan akan semakin berkembang melalui kolaborasi yang lebih erat.(marpa)


×
Berita Terbaru Update