Notification

×

Iklan

Iklan

Kegiatan Rutin Anggota DPRD Jabar Diperkirakan Efektif Tahun 2025

Selasa, 26 Desember 2023 | 17:35 WIB Last Updated 2023-12-26T10:35:33Z
Foto: Illustrasi: Suasana Sidang Paripurna DPRD di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat

Bandung.Internationalmedia.id.- Kegiatan rutin anggota DPRD Provinsi Jawa Barat diperkirakan akan efektif pada tahun 2025. 

Hal ini disebabkan, pada sekitar bulan September- Oktober hingga November itu agendanya seputar pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Sedangkan, bulan November-Desember itu orientasi bagi anggota DPRD baru di Kemendagri Jakarta.

Hal ini diungkapkan, Kepala Bagian Umum Setwan DPRD Jawa Barat, Dr Dodi Sukmayana, SE,MM dalam suatu percakapan dengan Internationalmedia.id., pekan lalu di ruang kerjanya Gedung DPRD Jawa Barat Jl Diponegoro No 27 Bandung.

Sedangkan, tahun 2024 kegiatan Dewan akan landai karena anggota juga banyak di Daerah pemilihan masing masing.

Tetapi Dodi memastikan agenda budgeting DPRD untuk penyusunan Raperda APBD Perubahan 2024 dan APBD Murni 2025  akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Dijelaskan, pada tahun 2024 ini kegiatan  reses anggota DPRD Jabar hanya berlangsung 2 kali,  hingga bulan  Agustus 2024 kegiatan Dewan periode 2019-2024 akan stop. Dan tidak ada agenda kegiatan reses untuk anggota baru DPRD Jabar periode 2024-2029 pada  bulan September – Oktober 2024.

Tahun 2024 merupakan tahun politik, salah satunya karena akan dilaksanakannya agenda politik  yakni pemilihan anggota legislatif untuk  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, dan Pemilihan Presiden yang dilaksanakan secara bersamaan pada 14 Februari 2024. 

Kemudian dilanjutkan dengan  Pemilihan Kepala Daerah secara serentak bersamaan  pada bulan November.

Dengan agenda Politik yang panjang dari mulai pencalonan oleh partai politik, penetapan  Daftar Calon Sementara (DCS), Daftar Calon Tetap (DCT), Masa Kampanye, hingga hari H pemilihan umum, akan menyita waktu para politisi di Gedung DPRD, hinga kegiatan di Gedung Dewan diperkirakan akan melandai,katanya.(Ter)

×
Berita Terbaru Update