Jakarta.Internationalmedia.id.-Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mendapatkan penghargaan sebagai The Best Industry Marketing Champion 2023 untuk Sektor Transportasi yang diselenggarakan oleh perusahaan konsultan pemasaran MarkPlus, Inc di The Ritz-Carlton, Jakarta pada Kamis (7/12/2023).
Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan kepada tokoh-tokoh pemasaran yang bergengsi di Indonesia. Para pemenang harus menunjukkan "semangat pemasaran" yang patut dicontoh sekaligus memberikan dampak terhadap kinerja bisnis perusahaan serta masyarakat luas.
Adapun tim juri pada penghargaan ini yaitu Senior Eksekutif MarkPlus, Dewan Direksi Indonesia Marketing Association (IMA), serta sejumlah penerima penghargaan Marketeer of the Year (MOTY) yang meliputi Dahlan Iskan (MOTY 2010), Arief Yahya (MOTY 2013), serta Ignasius Jonan (MOTY 2014).
“Kami ucapkan terima kasih kepada MarkPlus, Inc atas apresiasi yang telah diberikan. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh pegawai KAI dan KAI Group yang terus berjuang dan mendukung visi perusahaan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” ungkap Didiek.
Di bawah kepemimpinan Didiek Hartantyo, KAI terus melanjutkan kemajuan perusahaan yang dapat dirasakan oleh pelanggan melalui layanan-layanan yang diberikan. Berbagai milestone yang telah dicapai di antaranya mengembangkan infrastruktur jaringan, inovasi pada produk layanan, dan terobosan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Untuk pengembangan infrastruktur jaringan perkeretaapian, KAI telah mengintegrasikan stasiun-stasiun dengan moda transportasi lainnya terutama di kawasan Ibu Kota, serta membangun KRL Yogya – Solo, LRT Jabodebek, Kereta Cepat Whoosh, dan Kereta Makassar – Parepare.
KAI juga konsisten membuat inovasi pada produk layanannya seperti Kereta Panoramic, Kereta Kompartemen, dan modifikasi kursi kereta ekonomi. Di samping itu, KAI terus melakukan terobosan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yang meliputi percepatan waktu tempuh kereta api, layanan first mile dan last mile yang terintegrasi, loyalty point program, face recognition boarding gate, dan Access by KAI.
Didiek menambahkan, penghargaan tersebut juga didedikasikan kepada seluruh pelanggan setia KAI karena terus memilih kereta api sebagai moda transportasi pilihan. Penghargaan ini akan semakin memacu KAI untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya pada momentum menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru.
Sementara itu, VP Public Realtions KAI Joni Martinus menambahkan, posisi ketersediaan tempat duduk KA pada masa Liburan Natal & Tahun Baru (Nataru) selama 18 hari (21 Desember 2023 s/d 7 Januari 2024), berdasarkan data pada Kamis tanggal 7 Desember 2023, pkl 10.00 WIB.
1. Total tiket yang tersedia sebanyak 2.671.726 tiket (KA Jarak dekat, KA Jarak Menengah dan KA Jauh yang dikelola oleh KAI).
2. Total tiket yang terjual sebanyak 794.379 tiket atau 29,73% dari tiket yang disediakan, terdiri dari sebagai berikut:
a. Kelas eksekutif: 175.316 tiket terjual (Kapasitas 783.728 tempat duduk).
b. Kelas bisnis: 21.362 tiket terjual (Kapasitas 115.328 tempat duduk).
c. Kelas Ekonomi: 597.701 tiket (Kapasitas 1.772.670 tempat duduk).
Berikut daftar 10 KA terfavorit dalam masa Libur Nataru sbb:
1. KA Airlangga (KA 235) relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen: 21.650 tiket
2. KA Airlangga (KA 236) relasi Pasar Senen – Surabaya Pasarturi: 20.394 tiket
3. KA Bengawan (KA 246) relasi Pasar Senen – Purwosari: 18.888 tiket
4. KA Bengawan (KA 245) relasi Purwosari – Pasar Senen: 18.792 tiket
5. KA Kahuripan (KA 237) relasi Blitar – Kiaracondong: 16.351 tiket
6. KA Kahuripan (KA 238) relasi Kiaracondong – Blitar: 15.580 tiket
7. KA Sri Tanjung (KA 242) relasi Lempuyangan – Ketapang: 15.350 tiket
8. KA Sri Tanjung (KA 241) relasi Ketapang – Lempuyangan: 15.004 tiket
9. KA Probowangi (KA 266) relasi Ketapang – Surabaya Gubeng: 11.285 tiket
10. KA Serayu (KA 251) relasi Purwokerto – Pasar Senen: 10.769 tiket.
“Tiket di masa Nataru ini masih banyak tersedia, masyarakat dapat memesan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id dan serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya. Kami mengimbau agar masyarakat merencanakan liburannya sebaik mungkin,” tutup Joni. (rel)