Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Sumedang kembali Pasang EWS di 6 Titik

Rabu, 06 Desember 2023 | 20:45 WIB Last Updated 2023-12-06T13:45:27Z
Erly Warning System (EWS) di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan

Sumedang.Internationalmedia.id.-Diawal musim penghujan tahun 2023, BPBD Sumedang sudah melakukan antisipasi terhadap kemungkinan bahaya banjir dengan memasang EWS (Early Warning System). 

Kasie Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sumedang, Adang, mengatakan di awal bulan Desember 2023 ini BPBD Sumedang telah memasang 6 EWS.

"Dalam pelaksanaan pemasangan EWS ini, kami melakukan kerjasama dengan pihak Universitas Indonesia (UI)," jelas Adang, Rabu 6 Desember 2023.

Adapun 6 titik yang telah dipasang EWS tersebut adalah jembatan jamban sungai Cipelas antisifasi banjir ke Dusun Pangjelaran Padasuka, kemudian di Gawiru perbatasan Desa Girimukti dan Padasuka, sungai Cibitung potensi banjir genangan ke wilayah Dusun Cibitung.

Kemudian di Citengah tepatnya sungai Citundun, Daerah Margacinta Desa Margamekar untuk informasi banjir ke Babakan Regol Desa Sukajaya.

Di jembatan Cikuda yaitu sungai Cikeruh ancaman banjirnya Desa Hegarmanah, Sayang, Cipacing, dan aliran sungai Cimande di Desa Sindanggalih ancaman banjir Sesa Cihanjuang, Sukadana.

Lebih lanjut dikatakan Adang untuk selanjutnya pemasangan juga akan dilakukan di Cipicung dekat Makodim 0610 Sumedang, ancaman banjirnya Melurahan Regolwetan.

Di aliran sungai BBC Desa Cipanas potensi ancaman banjirnya pesantren Sukawangi Kecamatan Tanjungkerta.

Dengan dilakukan pemasangan EWS ini, diharapkan dapat memberikan infornasi pada masyarakat sebelum terjadi banjir, sehingga masyarakat bisa melakukan persiapan dengan mengemas barang barang berharga dan yang lainnya, sehingga bisa meminimalisir kerugian yang lebih besar. (mar).

×
Berita Terbaru Update