Notification

×

Iklan

Iklan

40 Siswa Ikut Pendidikan Kecakapan Wirausaha Level Platinum

Sabtu, 04 November 2023 | 20:30 WIB Last Updated 2023-11-04T13:30:40Z
Pendidikan Kecakapan Wirausaha Level Platinum 

Sumedang.Internationalmedia.id.- Lembaga Pendidikan Komputer dan Manajemen Actual (LPKMA) Sumedang di Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan sedang menjalankan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). 

Program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini diikuti oleh 40 orang siswa.

Pimpinan LPKMA Sumedang, Eti Rusmiati, mengatakan pihaknya menjadi salah satu yang mendapatkan program PKW tipe A atau Level Platinum. 

"Kuotanya untuk 40 orang usia 17 sampai 25 tahun. Dimana pesertanya dari berbagai pelosok yang benar-benar membutuhkan, dan mereka sudah lulus seleksi dari 150 orang yang mendaftar," ujar Eti, Minggu, 4 November 2023.

Program PKW ini kata Eti, sudah berjalan sejak pertengahan September 2023. Para peserta akan menjalani pendidikan dan pelatihan selama 280 jam atau sekitar 2 bulan.

"Pelatihannya dimulai dari soft skill, mulai dari karakter wirausaha, pola pikir, tata kelola keuangan, hingga pemasaran," katanya.

Adapun pembelajaran inti dalam program itu yakni praktek pembuatan olahan roti dan kuliner jalanan. Tak sampai disitu, para peserta juga akan mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan. 

"Materi dari Dinas Kesehatan agar peserta bisa untuk membuat sertifikat produksi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), NIB (Nomor Induk Berusaha) juga, layak higienis, dan halal. Sehingga nanti setelah selesai mengikuti program PKW, maka sudah betul-betul siap berwirausaha dengan semua persyaratan tersebut," katanya lagi.

Program PKW diikuti semua peserta yang belum punya pekerjaan alias menganggur serta juga tidak sedang sekolah maupun kuliah.Sedangkan harapannya adalah bahwa setelah selesai mengikuti PKW ini, mereka menjadi pengusaha dibidang roti dan jajanan jalanan yang betul-betul profesional.

Dijelaskan, PKW Level Platinum ini akan memberi kesempatan kepada semua peserta didik untuk mendapatkan fasilitas dan kurikulum pembelajaran premium, sehingga bisa semaksimal mungkin memanfaatkannya demi meraih peluang mendirikan rintisan usaha.

"PKW Level Platinum ini merupakan bantuan dana yang diberikan kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) terpilih yang sudah memenuhi syarat khusus atau tipe A. Jadi kami dari Sumedang tentunya sangat bangga menjadi salah satu yang terpilih," tuturnya.(mar)

×
Berita Terbaru Update