Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Mendukung Peringatan Hari Ulos

Kamis, 12 Oktober 2023 | 16:57 WIB Last Updated 2023-10-12T09:57:12Z
Bupati Samosir, Vandiko T.Gultom saat menerima Panitia Hari Ulos DPD KMDT Kabupaten Samosir, di ruang kerja Bupati Samsoir

Samosir.Internationalmedia.id.-Ketua Panitia Hari Ulos DPD Komite Masyarakat Danau Toba(KMDT) Kabupaten Samosir, Agustan Situmorang menyatakan, KMDT akan menggelar peringatan Hari Ulos yang dirangkai dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pantai Indah Situngkir, Samosir,Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Rangkaian kegiatan meliputi Pameran ulos dengan narasi tentang penggunaan dan fungsi ulos dalam budaya dan adat Batak Toba, Original Batak Dance yang akan menampilkan Tortor Batak asli.

Kemudian, Pagelaran Mossak Batak (silat asli Batak) yang pertunjukkannya diiringi Gondang Batak, Tenun ulos dan berbagai narasi asal muasal terjadinya ulos dan Tortor massal.

Hal ini disampaikan Agustan Situmorang pada pertemuan dengan Bupati Samosir, di ruang kerja Bupati, Rabu(11/10/2023)

Agustan menambahkan Peringatan hari ulos yang dilaksanakan KMDT untuk mengembalikan keaslian budaya yang sudah terkikis oleh jaman dan untuk lebih menarik perhatian generasi muda secara khusus orang Batak agar lebih mencintai budayanya sendiri. 

Untuk itu diharapkan  dukungan dan kerja sama dari Bapak Bupati Samosir dalam menyukseskan acara tersebut. 

Lebih lanjut Agustan Situmorang menyampaikan acara tersebut melibatkan beberapa sekolah dan lapisan masyarakat, penyelenggaraan acara bekerjasama dengan sanggar seni dan lembaga budaya Pusuk Buhit.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyambut baik dan mendukung acara Hari Ulos yang akan dilaksanakan KMDT sebagai upaya pelestarian budaya ulos dan kearifan lokal. 

Untuk mengangkat citra ulos, kedepan Vandiko berharap peringatan hari ulos dapat bersinergi dengan daerah yang memiliki budaya ulos. 

"Kedepan perayaan Hari Ulos ada baiknya bersinergi dengan daerah lain yang memiliki budaya ulos. Perayaannya dapat disatukan dari 5 Puak sehingga akan lebih mengangkat citra ulos" harap Bupati Samosir.

Pada kesempatan ini, Bupati Samosir mengucapkan selamat ulang tahun kepada KMDT dan berharap sinergi yang lebih baik dan semoga semakin banyak membawa program dan kegiatan. 

"Terima kasih kepada KMDT yang sudah berperan melestarikan ulos, sehingga ulos ini semakin lestarilah kedepan" tutup Vandiko.

Turut hadir, Ketua DPD KMDT Sinta Mauly Agnes Tamba, Ketua Panitia Hari Ulos, Agustan Situmorang, Rosinta Sitanggang dan beberapa jajaran pengurus KMDT Kabupaten Samosir. 

Hadir mendampingi Bupati Samosir, Kaban Kesbang Pol Dumoch Pandiangan, Sekdis Pariwisata, Hamonangan Tampubolon , Kabag Tapem, Belman Sinaga, dan beberapa jajaran Pemkab Samosir.(Ung)

×
Berita Terbaru Update