Notification

×

Iklan

Iklan

Angka Stunting Kabupaten Sumedang Turun

Kamis, 12 Oktober 2023 | 21:05 WIB Last Updated 2023-10-12T14:05:15Z

Sumedang.Internationalmedia.id.-Berdasarkan laporan elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) bulan Agustus 2023, angka stunting di Sumedang menurun. 

“Update angka stunting  Sumedang hasil e-PPGBM bulan Agustus 2023 menurun dari 8,17 menjadi 7,96. Ini berkat hasil kerja keras dari semua unsur di Kabupaten Sumedang," kata Pj Sekda Tuti Ruswati saat menerima kunjungan studi tiru dari tiga pemerintah daerah di Command Center, Kamis (12/10/2023).

Dalam sehari Pemkab Sumedang menerima kunjungan studi tiru dari 3 kabupaten/kota terkait percepatan penurunan stunting. Tiga kabupaten/kota tersebut yakni Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara.  

“Sampai  saat ini sudah 186 kabupaten/kota yang melakukan kunjungan studi tiru ke Kabupaten Sumedang terkait dengan pemanfaatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan percepatan penurunan stunting,” katanya.

Kunjungan studi tiru tak lepas dari keberhasilan Sumedang   meraih hasil SPBE terbaik di tingkat nasional sehingga banyak kabupaten/kota lain yang belajar ke Sumedang. “Kami sharing season dengan kabupaten/kota lain,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Binjai Amir Hamzah  mengungkapkan kekagumannya terkait dengan pemanfaatan SPBE dan penurunan stunting di Kabupaten Sumedang. 

"Kami tahu, Sumedang ini merupakan kabupten terbaik di Indonesia dalam pemanfaatan SPBE dan percepatan penurunan stunting, maka akan kami jadikan acuan untuk lebih menyempurnakan sistem merit di daerah kami," katanya.

Ia mengatakan, akan menerapkan sistem ATM yakni, Amati Tiru dan Modifikasi di Kota Binjai sesuai dengan kondisi dan keuangan daerah. "Tidak lain ini adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Binjai," katanya.

Dalam kunjungan tersebut juga dilaksanakan penandatangan kerja sama antara Pemkab Sumedang dengan Pemkot Binjai tentang Hibah Aplikasi SPBE dan penandatanganan kerja sama tentang Penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah.(mar)

×
Berita Terbaru Update