Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Bupati Toba Apresiasi Naposo Toba Lestarikan Budaya Batak

Minggu, 10 September 2023 | 18:55 WIB Last Updated 2023-09-10T11:55:56Z
Gondang Naposo Desa Siabdihon.Foto:Rikardo Simamora

Toba.Internationalmedia.id.-Wakil Bupati Kabupaten Toba, Tonny M. Simanjuntak bersama beberapa pimpinan perangkat daerah menghadiri pesta Gondang Naposo di dua desa, pada Sabtu (9/09/2023) malam. 

Dua pesta gondang naposo yang dihadiri yakni Pesta Gondang Naposo Persatuan Muda-Mudi Sibadihon (Permusi), Desa Sibadihon, Kecamatan Bonatua Lunasi dan Pesta Gondang Naposo di Desa Jonggi Manulus, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba. 

Kepada para pemuda di dua desa itu, Tonny Simanjuntak terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Toba, Poltak Sitorus tidak bisa hadir. 

"Mohon maaf karena beliau tidak bisa hadir karena urusan kerja. Melalui saya, beliau menyampaikan salam kepada para pemuda dan seluruh warga di desa ini," ujarnya membuka sambutan. 

Gondang Naposo Desa Jonggi Mmanulus Foto;Rikardo Simamora

Menurut Tonny M. Simanjuntak, kegiatan budaya Gondang Naposo kini sudah terbilang jarang dilaksanakan, bahkan dibeberapa kecamatan kegiatan budaya gondang naposo tidak pernah lagi dilaksanakan. 

"Di daerah kecamatan Balige-Tampahan, pesta budaya seperti ini tidak pernah lagi dilaksanakan. Tetapi di Kecamatan Parmaksian, Porsea, Bonatua Lunasi dan beberapa kecamatan lain masih sangat sering digelar," lanjutnya. 

Masih kata Wakil Bupati, bahwa pemerintah Kabupaten Toba sangat berterimaksih kepada para pemuda yang sampai saat ini masih menjaga dan melestarikan gondang naposo meski konteksnya dalam bentuk hiburan. "Pemerintah sangat berterimakasih kepada anak-anak muda di desa ini karena sampai sekarang masih melestarikan budaya kita," ujarnya mengakhiri.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update