Notification

×

Iklan

Iklan

Rumah Kades Jangga Dolok Terbakar, Bupati Toba Serahkan Bantuan

Jumat, 25 Agustus 2023 | 20:39 WIB Last Updated 2023-08-25T13:39:12Z
Bupati Toba bersama istri, Nyonya Marlina Poltak Sitorus menyerahkan bantuan dari pemerintah

Toba.Internationalmedia.id.-Dua unit rumah di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, KabupatenToba ludes terbakar, Kamis(24/8/2023) malam sekitar pukul 22.40 Wib’

Menurut Camat Lumban Julu, Besron Dolok Saribu pada Jumat (25/08/2023) sore , dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun harta benda korban tidak ada yang berhasil diselamatkan. 

"Beruntung Pemadam Kebakaran dari Porsea tidak terlambat, sehingga rumah tegangga tidak terbakar namun hanya terdampak," ujarnya kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus saat mengunjungi korban pada Jumat sore, sekaligus menyerahkan bantuan.

Salah satu dari rumah tersebut merupakan milik Kepala Desa, Blikman Manurung, sedangkan satu rumah lainnya ada milik saudaranya, Jese Manurung yang tidak dihuni. Selain dua rumah tersebut, dua unit rumah tetangga milik Piktor Manurung dan Manatap Simangunsong juga terdampak. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba, Lalo Simanjuntak menyampaikan bahwa kehadiran Bupati Toba bersama istri, Nyonya Marlina Poltak Sitorus adalah untuk menyerahkan bantuan dari pemerintah. 

Adapun bantuan yang diberikan adalah sandang, pangan dan bahan bangunan. Beberapa jenis bantuan yang diberikan adalah beras 30 Kg, telur 30 butir, minyak 1 Kg, gula 1 Kg, bubuk teh susu kaleng mie instan dan beberapa kebutuhan pangan lainnya. 

Sementara bahan bangunan dan sandang yang diberikan adalah seng 35 lembar, triplek 10 lembar, semen 10 zak, paku, broti, tenda, selimut, kasur dan beberapa jenis sandang lainnya.

"Memang ini masih jauh dari kebutuhan. Namun itulah dulu yang bisa kami berikan, semoga dapat membantu Bapak-Ibu, menguatkan Bapak-Ibu," sebut Kadis Sosial, Lalo Hartono Simanjuntak. 

Kepada keluarga korban, Bupati Toba menyampaikan ucapan belasungkawa dan doa menguatkan para korban. Beliau menyampaikan bahwa kehadiran pemerintah tidak sekadar menyampaikan bantuan, namun juga sebagai tanda bahwa pemerintah juga turut merasakan kesedihan yang dirasakan oleh korban dan keluarga.

"Pemerintah hadir menyampaikan rasa empati kami. Apa yang bapak rasakan juga kami rasakan. Ini tentunya sangat berat untuk dirasakan, apalagi bapak juga sebagai kepala desa," ujarnya. 

Poltak Sitorus juga berpesan agar korban tetap berpengharapan dan kuat dalam iman melewati peristiwa tersebut. 

"Harapan kami, Bapak dan Ibu tidak kecewa kepada Tuhan. Hal-hal seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja, meski kita sangat dekat dengan Tuhan. Yakinlah Tuhan sanggup mengembalikan apa yang pernah hilang. Yang kuat, tetap teguh. Apa yang hilang itu bisa dikembalikan Tuhan berlipat kali ganda," pesan Bupati Toba. 

Usai meninjau korban dan tenda darurat yang didirikan, Bupati meminta agar camat segera berkoordinasi dengan BPBD untuk memperbaiki tenda darurat tersebut agar lebih layak huni. 

"Ini masih basah. Tolong Pak Camat segera koordinasi dengan BPBD agar ini diperbaiki. Nanti dibuatkan papan untuk duduk atau tidur di sini biar berjarak dari tanah supaya tidak basa," minta Bupati kepada Camat.(MC/Ung)
×
Berita Terbaru Update