Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Toba Lestarikan Permainan Tradisional Lewat Pekan Kebudayaan Daerah

Selasa, 29 Agustus 2023 | 19:13 WIB Last Updated 2023-08-29T12:13:55Z
Engrang, salah satu contoh permainan tradisonal

Toba.Internationalmedia.id.-Sejumlah permainan tradisional anak kini mulai ditinggalkan, beberapa faktor penyebab terkikisnya permainan tradisional termasuk karena kemajuan teknologi yang mengalihkan permainan anak saat ini menjadi digital. 

Lewat Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Toba Tahun 2023 yang digelar pada Selasa (29/08/2023) di lapangan pardede, Jl. TD. Pardede, Balige, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, pemerintah berharap permainan tradisional dapat dilestarikan. 

Pada perayaan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Toba Tahun 2023, panitia menggelar lomba permainan tradisional seperti lomba permainan enggrang putra/putri tingkat SMP, lomba congklak putri dan lomba margasing putra tingkat SD serta permainan lain. 

Sebelum menutup acara tersebut, Bupati Toba, Poltak Sitorus meminta agar permainan tradisional dapat dilestarikan. Selain menjadi ajang bermain anak-anak, permainan ttadisional juga menjadi oleh raga yang menyehatkan. 
"Budaya kita ini tidak boleh hilang. Bukan hanya sepak bola yang buat kita sehat, bukan hanya bola volly. Olah raga tradisional pun bisa bikin sehat," sebut Bupati. 

Permainan tradisional juga melatih keterampilan  dan cara berfikir anak-anak. Sebab dalam permainan tradisional dibutuhkan perhitungan yang cermat dan kecerdasan permain. 
"Tadi  kita lihat margala, itu adalah permainan yang butuh strategi. Banyak yang dipelajari dari olehraga tradisional ini. Tapi sekarang sudah mulai hilang, saya minta ini dilestarikan," tambahnya. "Saya minta di sekolah ini bisa dinikmati. Bukan hanya waktu 17 Agustus," katanya melanjutkan. 

Pada kesempatan itu, Poltak Sitorus juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba tradisional dan memberikan hadiah kepada para peserta yang mendapat juara di sekolah. 

Patar Silalahi, Kabid Kebudayaan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba mengatakan bahwa beberapa peserta lomba yang terpilih akan dibawa mengikuti Pekan Kebudayaan Daerah Propinsi Sumut pada tanggal 1-3 September mendatang di Medan. 
"Ada tiga permainan yang kita utus dari Toba untuk Pekan Kebudayaan Daerah Propinsi Sumut yakni pemain gala, congklak dan enggrang," katanya singkat.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update