Notification

×

Iklan

Iklan

Isteri Bupati Toba Bersihkan Kamar Mandi

Rabu, 12 Juli 2023 | 15:03 WIB Last Updated 2023-07-12T08:03:50Z
Ketua PKK Kabupaten Toba, Nyonya Rita Marlina Poltak Sitorus, isteri Bupati Poltak Sitorus

Balige.Internationalmedia.id.- Ketua PKK Kabupaten Toba, Nyonya Rita Marlina Poltak Sitorus, isteri Bupati Poltak Sitorus mengajak masyarakat untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan permukiman kumuh.

"Di rumah dinas saya juga bersihkan kamar sendiri, bersihkan kamar mandi. Karena saya sadar bahwa saya juga harus bersih. Saya ingat pesan orang tua saya, bahwa untuk melihat seseorang itu bersih, dilihat dari kamar mandinya. Kalau kamar mandinya bersih, berarti orangnya bersih," ujarnya .

Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan Ibu-ibu PKK di Aula Kantor Lurah Pardede Onan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada Rabu siang  (12/7/2023).

Peserta sosialisasi yang didominasi ibu-ibu PKK serta sejumlah kepala desa dari Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan tersebut mendengar penjelasan dan ajakan Nyonya  Rita Marlina Poltak Sitorus agar bersama-sama menjaga kebersihan rumah tangga. 

Mulai dari kebersihan kamar, ruang tamu, kamar mandi hingga kesediaan jamban dan air bersih untuk setiap rumah.

Selain Ketua PKK Kabupaten Toba, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, dr. Freddi S.Sibarani juga menyampaikan materi tentang hubungan kebersihan rumah tangga dengan kesehatan lingkungan dan manusia. 

Freddi menyebut, bahwa pembuangan limbah rumah tangga harus benar-benar diperhatikan, apakah terbuka atau tertutup. Hal ini untuk menghindari timbulnya bibit penyakit yang dapat berdampak pada kesehatan penghuni rumah. 

"Jadi pembuangan limbah rumah tangga dan sampah rumah tangga harus benar-benar diperhatikan. Ini harus kita sadari dan kita pahami agar pemukiman tidak kumuh. Selain soal resiko penyakit, kita juga harus mampu mengelola sampah menjadi sumber pendapatan dengan memilah sampah rumah tangga," ujar Freddi Sibarani dalam paparannya. 

Selain dari Dinas Kesehatan, Dinas PUTR dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Toba juga hadir sebagai narasumber.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update