Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Tidak Mau Laporan ABS, Turun ke Lapangan dan Nginap di Rumah Penduduk

Senin, 31 Juli 2023 | 07:25 WIB Last Updated 2023-07-31T00:25:08Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus dan istri Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus bersama anak remaja warga Desa di malam hari

Balige.Internationalmedia.id.-Bupati Toba, Poltak Sitorus sering turun ke desa untuk mendengarkan dan melihat secara langsung apa-apa saja masalah yang dihadapi masyarakatnya. "Saya tidak mau laporan ABS (Asal Bapak Senang), " sebut Poltak Sitorus dalam berbagai kesempatan.

Kali ini Poltak Sitorus, dan Sekdakab Toba Augus Sitorus  memboyong hampir semua perangkat daerah mengunjungi bahkan menginap di rumah penduduk Desa Lumban Rau Tengah , Kecamatan Nassau pada Sabtu (29/7/2023).

Pada kunjungan kerja yang disambut baik masyarakat ini, tampak hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus dan Ketua Darma Wanita Persatuan Ny. Irma Augus Sitorus.

Seusai penyambutan dengan Tarian Kreasi Batak Naraja dari siswi SD Negeri Sigalagala dan SMK Negeri 1 Nassau, tokoh masyarakat dan kepala desa menyampaikan kata sambutan sekaligus usulan kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Tokoh masyarakat, Berton Panjaitan alias Op Ceria  mengungkapkan besarnya  kerinduan warga untuk bersua  dengan Poltak Sitorus. Ia juga menyampaikan keluhan masyarakat akan  jalan  becek ke lokasi SMP Negeri 2 dan jalan ke komplek Kantor Camat Nassau.

"Semoga nantinya anak-anak yang bersekolah di sini bisa mengikuti jejak Pak Bupati melalui  pendidikan (fasilitas yang baik), "kata Berton Panjaitan. 

Selanjutnya Kepala Desa Lumban Rau Tengah, Amron Sagala, 51 tahun mengaku  baru kali ini pidato di depan seorang Bupati.

"Beberapa minggu ini cuaca kemarau namun terus hujan seiring kedatangan Bupati," katanya sembari menyampaikan ucapan selamat datang Bupati Toba, Poltak Sitorus dan rombongan.

Kesempatan menyampaikan masalah, usul juga diberikan bagi para kepala desa dan kepala sekolah.

Seusai mendengar berbagai hal tersebut, Poltak Sitorus pun segera memberikan solusi dengan memerintahkan perangkat terkait. "Segera cek, ricek, dan cek lagi". Bila tidak memungkinkan dilaksanakan tahun 2023 ini, ia berpesan agar menjadi skala prioritas pada tahun 2024.

"Segera kirimkan alat berat untuk membantu perbaikan jalan di Kecamatan Nassau," katanya memerintahkan Dinas PUPR.

Disampaikan juga, kabar gembira atas pemasangan jaringan listrik di Desa Sipagabu dan Desa Liat Tondung yang direncanakan  selesai Oktober 2023 ini. Namun untuk Dusun Napajulu Desa Lumban Rau Timur terkendala waktu pengurusan izin kawasan hutan karena jaringannya melintas di kawasan hutan.

Soal banyaknya titik rusak di  ruas jalan Silimbat-Labura yang berstatus jalan provinsi, dan masyarakat juga sudah menyampaikan apresiasi ke pusat, Poltak Sitorus mengungkapkan bahwa Pemkab Toba selalu memperjuangkan perbaikan jalan tersebut setiap Musrenbang Provinsi Sumatra Utara.

Informasinya  telah dapat perbaikan atau pembangunan jalan sepanjang 12,9 Km dan  akan tembus ke Labura .

"Bila belum bisa beres kita surati lagi bahkan saya sudah presentasi sampai ke tingkat pusat," kata Poltak Sitorus.

Kalau sudah tembus jalan ke Labuhan Batu Utara, lanjutnya, maka wisatawan yang menuju Bandara Silangit atau ke Danau Toba akan singgah di daerah ini (tiga Kecamatan yaitu Habinsaran, Borbor, Nassau) yang sering disebut dengan sebut  Habornas. Hal ini akan berdampak peningkatan perekonomian di daerah ini.

Kunjungan kerja ini dimeriahkan dengan hiburan penyanyi Toba Voice, Nadakustik, dan penyanyi  dari Kecamatan Nassau. 

Seterusnya pada Minggu,(30/7/2023) pagi Bupati Toba, Poltak Sitorus dan rombongan  mengikuti senam pagi bersama para Lansia dan memberikan makanan tambahan susu kepada Balita. 

Hasil pantauan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat melakukan pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Setelah beristirahat beberapa jam, Bupati Toba dan rombongan beribadah di Gereja HKBP Nassau Resort Judika, dan sore harinya, memberikan secara simbolis bibit beberapa tanaman/pohon serta menyaksikan pembuatan pupuk organik bagi kelompok tani melalui Dinas Ketapang Kab Toba.

Kemudian Poltak Sitorus membuka secara resmi Turnamen Sepak Bola di Kecamatan Nassau. Sementara Ny.Rita Marlina Poltak Sitorus membuka Turnamen Sepak Bola Wanita sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan Peringatan HUT Ke- 78 RI Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Nassau.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update