Notification

×

Iklan

Iklan

Kren! Ada Polisi RW untuk Deteksi Dini Masalah Masyarakat

Jumat, 12 Mei 2023 | 19:54 WIB Last Updated 2023-05-12T12:54:22Z
Ini Polisi RW 

Sumedang.Internationalmedia.id.-Untuk mendeteksi dini permasalahan di masyarakat, Polres Sumedang meluncurkan program Polisi Rukun Warga (RW) yang melibatkan 581 personel polri di tingkat Polres Sumedang.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan Polisi RW diadakan untuk membantu masyarakat yang memiliki persoalan menyangkut keamanan dan ketertiban. Para anggota polisi tersebut nantinya bertugas menyelesaikan masalah di tingkat RW binaannya.

Pada hari ini Polres Sumedang melaunching program polisi RW yang sudah digelorakan di beberapa daerah termasuk di wilayah Polda Jawa Barat salah satunya di Sumedang. 

Ada sebanyak 581 personel dari Polres Sumedang yang telah dituntut menjadi Polisi RW yang disebar di 1162 RW di Kabupaten Sumedang. Jadi rata-rata satu anggota menghandle di 2 RW, kata Indra, di Mapolres Sumedang, Jumat, 12 Mei 2023. 

Kapolres menuturkan, Polisi RW ini merupakan program kapolrinsebagai langkah ikhtiar polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara kolaborasi.

Polisi RW memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai jembatan komunikasi di tengah masyarakat dari mulai tingkat bawah. Jadi nanti ada komunikasi serta terjalin saluran informasi terkait permasalahan-permasalahan di masyarakat, sehingga kami dapat mendeteksi lebih awal akan permasalahan tersebut," imbuhnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sumedang, Asep Tatang Sujana mengatakan, adanya Polisi RW merupakan satu keuntungan bagi Pemda Sumedang. Dengan adanya dukungan dari pihak kepolisian yang hadir untuk memberikan kesejahteraan.

"Karena tujuan akhir suatu negara adalah menyejahterakan rakyatnya. Dengan Polisi RW ini salah satu tujuannya memudahkan, pemecah masalah terhadap berbagai macam persoalan yang ada di masyarakat," ucapnya.

Dengan adanya Polisi RW maka segala masalah yang muncul bisa langsung dideteksi dini, sehingga bisa dicegah agar tidak semakin meluas. Oleh karenanya, program ini sangat didukung oleh Pemda Sumedang.

"Kami akan informasikan juga kepada para RW yang menjadi core bisnis Polisi RW di Polres Sumedang, untuk bisa bersinergi. Karena ini sebagai support pemecahan masalah yang ada di masyarakat," ujarnya. (mar)

×
Berita Terbaru Update