Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Jabar Kunker ke Amerika Serikat Cari Peluang Investasi Energi Terbarukan untuk Listrik

Rabu, 17 Mei 2023 | 17:44 WIB Last Updated 2023-05-17T10:44:21Z
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bandung.Internationalmedia.id.-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan melakukan perjalanan dalam rangka kunjungan luar negeri ke Amerika Serikat 18 - 20 Mei 2023.

Dalam kunker luar negeri, Ridwan Kamil ada dalam kapasitas sebagai Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). 

Kang Emil -- sapaan akrab Ridwan Kamil -- menyebut, ia diberi tugas oleh organisasi untuk membawa investasi energi terbarukan ke Indonesia.

"Saya kapasitasnya sebagai Ketua ADPMET, ada tugas dari organisasi untuk membawa investasi maksimal energi terbarukan ke Indonesia," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (16/5/2023).

Kunjungan dinasnya ke Amerika Serikat juga sebagai upaya mewujudkan Indonesia Net Zero Emisi pada 2050. Juga selain EBT terkait dengan transisi energi optimalisasi potensi gas bumi di remote-remote area skala kecil hingga menengah. 

Menurut Ridwan Kamil, Indonesia harus mulai gencar mengurangi penggunaan listrik dari baturbara termasuk mengurangi bahan bakar tranportasi berbasis bensin.

"Kita ini sudah berjanji kepada dunia bahwa kita akan net zero emisi pada 2050 sehingga yang namanya pembangkit listrik tenaga batubara harus mulai perlahan dikurangi, transportasi berbasis bensin juga harus mulai dikurangi," tuturnya.

Untuk itu dirinya mendukung penuh adanya insentif bagi masyarakat untuk pembelian kendaraan listrik. Dengan begitu net zero emisi pada 2050 bisa tercapai.

"Kalau tidak ada insentif-insentif proses itu akan lama jadi saya sangat mendukung yang namanya insentif untuk kendaraan listrik agar 2050 target tercapai," kata Ridwan Kamil.

Selain agenda tersebut, Gubernur akan memaksimalkan selama lawatan dinasnya di Amerika yang akan membawa kebermanfaatan untuk masyarakat.

"Kedinasan saya itu nanti saya update, kalau saya kesana mah pasti agendanya bakal padat," ucapnya.(Ter)

×
Berita Terbaru Update