Notification

×

Iklan

Iklan

Usai Bercerita Crypto, Kadisdik Hadiahi Sepeda untuk Siswa SMAN 3 Sukabumi

Senin, 06 Maret 2023 | 17:09 WIB Last Updated 2023-03-06T10:09:43Z
Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya saat memotivasi  siswa SMAN 3 Sukabumi

Sukabumi.Internationalmedia.id.-Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Mijaya menghadiahi sebuah sepeda kepada Gamma siswa SMAN 3 Sukabumi usai menceritakan pengalamannya seputar skill digital yang telah dipelajari.

Hadiah ini langsung diberikan Kadisdik Jawa Barat pada acara sesi motivasi kepada siswa dan guru di SMAN 3 Sukabumi, Jumat (3/3/2023). Hadiah tersebut dipersembahkan Disdik Jabar yang berkolaborasi dengan Bank Bjb.

Gamma pun tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Ia berlari menuju sepeda yang masih terbungkus tersebut yang dipajang di depan lapangan sedari pagi. Diiringi riuh tepuk tangan kawan-kawannya, Gamma tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Ia berlari menuju sepeda yang masih terbungkus tersebut. 

Hadiah ini diperoleh Gamma berawal dari ketika Kadisdik Jabar meminta salah satu siswa menceritakan pengalamannya seputar skill digital yang telah dipelajari.

Gamma mengacungkan tangannya. Kemudian, siswa SMAN 3 Sukabumi itu lari ke lapangan menghampiri Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya. Ia pun berjalan ke depan saat Kadisdik meminta salah satu siswa menceritakan pengalamannya seputar skill digital yang telah dipelajari.

Gamma bercerita di depan ribuan siswa dengan lantang. Sambil sesekali menatap Kadisdik, siswa kelas XI MIPA 7 tersebut menceritakan pengetahuannya tentang crypto. Menurutnya, crypto lebih dari alat investasi, tapi juga ideologi. Ia pun mengulas pengetahuannya tentang dunia investasi tanpa terbata-bata.

Bagi Gamma, penting sekali mempelajari hal-hal yang bersifat keterbaruan, salah satunya belajar digital. "Karena, kita kan nanti bakal berhadapan dengan era digital. Jadi, supaya kita enggak ketinggalan jauh, kita harus belajar digital karena penting banget untuk kita sekarang," ucapnya.

Kadisdik pun tersenyum kagum. Seketika Kadisdik menghadiahi Gamma sepeda yang dipajang di depan lapangan sedari pagi. Diiringi riuh tepuk tangan kawan-kawannya, Gamma tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Ia berlari menuju sepeda yang masih terbungkus tersebut. 

Gamma tertawa lepas. Sembari menggowes sepedanya menuju tempat duduk, ia mungkin berpikir sepeda tersebut bukan hanya kendaraan roda dua, melainkan alat investasi untuk masa depan. 

Gamma adalah satu dari tiga siswa SMAN 3 Sukabumi yang berhasil mendapatkan hadiah sepeda. Belasan siswa lain pun mendapatkan berbagai hadiah lainnya karena ikut berpartisipasi dalam sesi motivasi.

 Berani Bermimpi dan Kuatkan Passion

Dalam kunjungan perdana Kadisdik ke SMAN 3 Sukabumi yang juga alumni sekolah tersebut, Kadisdik pun memotivasi siswa agar berani bermimpi dengan menguatkan passion yang dimiliki. “Ayo, buat mimpi dulu, setelah itu kita berjuang. Lamun keyeng tangtu pareng(Jika karat, tidak apa-apa). Man jadda wajada,”(Barang siapa bersungguh-sungguh, dia paasti berhasil-Red Bhs Sunda, ujar Kadisdik.

Salah satu bidang paling potensial, ungkap Kadisdik, adalah bidang digital. Sehingga, penting bagi siswa untuk mempelajari lebih dalam pengetahuan di bidang-bidang digital. Sebab, ke depan penggunaan artificial intelligence (kecerdasan buatan) akan semakin berkembang. Hal tersebut sedikit banyak akan berpengaruh pada terdisrupsinya pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada. Mulai dari akuntan, kasir, teller bank, asisten hukum hingga guru.

Namun, ada pengecualian untuk guru. “Kalau Bapak/Ibu Guru hanya mengajar saja, itu bisa digantikan oleh yang lain (teknologi). Tetapi, yang paling baik itu selain mengajar (ilmu), juga mendidik, membentuk karakter siswa menjadi kuat, menjadikan mereka mandiri serta mempunyai sifat yang baik dan berintegritas,” tegasnya.(mar)

×
Berita Terbaru Update