Notification

×

Iklan

Iklan

Kerja Sama Indonesia-Swedia di Bidang Keberlanjutan Diangkat Sebagai Kisah Sukses Dalam Sweden Innovation Days

Sabtu, 25 Maret 2023 | 16:58 WIB Last Updated 2023-03-25T09:58:43Z

Stockholm.Internationalmedia.id.-Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing berbagai industri strategis nasional. Dalam hal ini, kemitraan dengan Swedia sangat penting bagi Indonesia karena kemajuan inovasi dan keunggulan teknologinya.

Hal ini dapat menjadi acuan dan inspirasi untuk bermitra bagi para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan di Indonesia, ujar Dubes Kamapradipta pada Sweden Innovation Days yang berlangsung selama tiga hari dari 21-23 Maret 2023.

Kegiatan tahunan Sweden-Indonesia Sustainability Partnership Week, atau disingkat SISP, telah diangkat sebagai salah satu bentuk kerja sama di bidang keberlanjutan yang sukses pada acara Sweden Innovation Days. 

Sweden Innovation Days merupakan hasil kolaborasi beberapa lembaga pemerintah Swedia, seperti Vinnova, Swedish Energy Agency, dan Business Sweden, yang bertujuan untuk memperkenalkan ekosistem inovasi di Swedia sekaligus mempertemukan para pelaku inovasi dari seluruh dunia untuk bertukar pikiran dan menjajaki peluang kemitraan. 

Berperan sebagai panelis dalam side event Sweden Innovation Days, Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia, Kamapradipta Isnomo, menyampaikan pentingnya kegiatan SISP sebagai salah satu ajang untuk memperkuat kerja sama RI-Swedia di sektor-sektor sarat inovasi, seperti transportasi, energi terbarukan dan kesehatan.

Turut hadir dalam sesi diskusi, yaitu Mr. Paul Westin, Senior Business Developer dari Swedish Energy Agency yang berperan sebagai moderator, Dr. Fumi Harahap, diaspora Indonesia yang saat ini bekerja sebagai Peneliti di Departemen Teknologi Energi, KTH Stockholm, dan Mr. Nicki Khorram-Manesh, diplomat Swedia yang pernah bertugas di Indonesia dan saat ini menangani Climate Diplomacy di Kementerian Luar Negeri Swedia. 

Dalam sesi diskusi, Dubes Kamapradipta turut menyampaikan beberapa kegiatan penting yang akan melibatkan Indonesia pada tahun ini, yaitu ASEAN-Indo-Pacific Forum di bawah Keketuaan ASEAN Indonesia, keikutsertaan Indonesia sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2023 dan peluncuran Indonesia-Europe Business Forum pertama pada tahun ini. 

Penyelenggaraan ASEAN-Indo-Pacific Forum pada tahun ini sangat timely dan sejalan dengan tema SISP dan prioritas penguatan hubungan bilateral RI-Swedia. 

Sektor-sektor kerja sama yang saling berhubungan, seperti energi dan transportasi, serta penekanan pada aspek keberlanjutan menunjukkan bahwa Indonesia dan Swedia memiliki banyak kesamaan dan perlu jadikan modalitas ini untuk bangun hubungan bilateral yang lebih erat di masa mendatang," ujar Dubes Kamapradipta. 

Sweden Innovation Days dilakukan secara hybrid melalui sesi diskusi secara fisik, dan disiarkan secara langsung melalui streaming dari kantor Business Sweden di Stockholm. Tahun ini Sweden Innovation Days dihadiri oleh lebih dari 5.000 peserta, melibatkan lebih dari 90 negara, 250 pembicara dan 100 sesi diskusi.(marpa)

×
Berita Terbaru Update