Notification

×

Iklan

Iklan

Mendagri Bagikan Trik Pacu Kepala Daerah Tekan Inflasi

Senin, 27 Februari 2023 | 17:01 WIB Last Updated 2023-02-27T10:01:58Z
Mendagri Tito Karnavian dalam Podkabs episode 11 (Foto: Humas Setkab/Agung)


Jakarta.Internationalmedia.id.-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terus mengingatkan para kepala daerah untuk menekan laju inflasi di daerah masing-masing. 

Hal tersebut sejalan dengan amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar Mendagri mengelola pengendalian inflasi di tingkat daerah seperti yang dilakukan dalam pengendalian pandemi COVID-19.

“Bapak Presiden, Pak Jokowi pada bulan September memanggil saya ke Istana, ‘Pak Tito sebagai Mendagri kendalikan inflasi daerah,’ itu perintah beliau. Artinya, saya mengendalikan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Beliau sampaikan, ‘bikin [sistem pengendalian] seperti kita menangani COVID-19’,” ungkap Mendagri dalam Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet (Podkabs) episode 11 yang tayang di kanal YouTube dan Spotify Sekretariat Kabinet.

Tito mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan sembilan langkah panduan daerah untuk melakukan inflasi. Adapun sembilan langkah tersebut adalah melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan tersedia; melaksanakan rapat teknis TPID; menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting; melaksanakan gerakan Pencanangan Gerakan Menanam.

Kemudian; melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait; melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang; berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan; merealisasikan belanja tidak terduga (BTT) untuk dukungan pengendalian inflasi; dan memberikan bantuan transportasi dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Saya membentuk tim  dipimpin oleh Irjen, dibantu oleh beberapa dirjen. Saya buat piket khusus, anak-anak IPDN yang baru-baru itu, pinter-pinter tapi kan anak-anak yang bertahan kuat dia, piket 24 jam, ada 50 orang. Tiap hari ngecek-ngecek, ngecek kan ada sembilan langkah yang saya buat waktu itu,” ujarnya.(lys)

×
Berita Terbaru Update