Notification

×

Iklan

Iklan

Wagub Jabar Berharap Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:38 WIB Last Updated 2023-01-25T13:38:15Z
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum bersama MUI Jabar di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (25/1/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar)

Sumedang.Internationalmedia.id.-Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum berharap Majelis Ulama Indonesia(MUI) di daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, menjalin komunikasi yang baik dengan kepala daerah.

Kepala daerah butuh kebersamaan dengan para ulama, maka MUI bisa jadi fasilitator yang menghubungkan antara umat dan umara.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, saat menghadiri Rapat Koordinasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (25/1/2023).

Dengan begitu, kata Uu, pemerintah dan MUI dapat bersama-sama membimbing umat dan merumuskan kebijakan dakwah. Begitu juga nasihat dan fatwa dapat diberikan sesuai fenomena yang tengah terjadi.

"Sering-sering rapat dengan para pihak membahas fenomena yang berkembang (di tengah masyarakat), lalu putuskan dan jadi payung hukum buat para pejabat," kata Uu. 

"Mudah-mudahan, rapat kali ini mampu mengeluarkan putusan yang rasional, termasuk siapnya MUI menghadapi fenomena di masyarakat," imbuhnya.

Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei menuturkan, rapat koordinasi kali ini akan membahas isu keumatan yang sedang dan akan dihadapi. 

"Silaturahim pada pertemuan ini penting, dan harus dimaknai demi meningkatkan kesadaran kita sebagai ulama, memiliki peran menonjol terhadap kesatuan persatuan, persaudaraan di antara kita," ucapnya.(mar)

×
Berita Terbaru Update