Notification

×

Iklan

Iklan

Permukiman Kumuh Kawasan Pangururan Diserahkan ke Pemkab Samosir

Rabu, 21 Desember 2022 | 10:08 WIB Last Updated 2022-12-21T03:08:29Z
Teken, Berita Acara antara Kepala BPPW Sumatera Utara Syafriel Tansier, ST, MT dan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST di Ruang Lobby Kantor Bupati Samosir, Selasa (20/12/2022)

Samosir.Internationalmedia.id.- Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara menyerahkan Pengelolaan Sementara Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Pangururan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir. 

Serah terima ditandai dengan penandatangan Berita Acara antara Kepala BPPW Sumatera Utara Syafriel Tansier, ST, MT dan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST di Ruang Lobby Kantor Bupati Samosir, Selasa (20/12/2022).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah  (BPPW) Sumatera Utara, Syafriel Tansier, ST, MT menuturkan kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Pangururan yang dikelola oleh BPPW Sumut adalah untuk mendukung Samosir sebagai KSPN Prioritas. 

Cakupan kegiatan termasuk di antaranya perbaikan Drainase Kota Pangururan dan penataan Taman Sitolu Hae Horbo. 

"Setelah ini, pengelolaan Taman Sitolu Hae Horbo kami serahkan pengelolaannya sementara kepada Pemda, menunggu proses pengalihan aset dari kementerian ke Pemda Samosir", tuturnya.

Syafril berharap fasilitas ini dipelihara dan dikelola dengan baik, dengan mangaturkan para pelaku UMKM untuk berdagang, pengaturan parkiran dan pemeliharaan aset didalamnya.

"Kami sampaikan, bahwa per tanggal 23 Desember ini, penataan taman ini kami pastikan sudah selesai. Dengan harapan tanggal 24 Desember, fasilitas ini sudah bisa dibuka untuk umum", ujar Syafriel menimpali.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PUPR melalui BPPW Sumut yang telah melaksanakan kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Pangururan Kabupaten Samosir dengan baik untuk Tahun Anggaran 2022.

Kabupaten Samosir ditetapkan sebagai KSPN Prioritas melalui Perpres Nomor 18 Tahun 2020. Sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan Perpres tersebut telah selesai dilaksanakan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Pangururan.

Kemudian, saat ini sedang berlangsung pembangunan Water Front City Pangururan-Kawasan Tele untuk mendukung pariwisata sekaligus menata kawasan kumuh di sepanjang sempadan Danau.

Bupati berharap, kedepan Kementerian PUPR melalui BPPW Sumut agar sudi kiranya tetap melanjutkan pembangunan kawasan-kawasan kumuh lainnya di Kabupaten Samosir. 

"Hari ini akan kita tandatangani berita acara serah terima pengelolaan sementara. Kami berjanji akan memelihara dan mengelola kawasan ini demi pertumbuhan ekonomi masyarakat", ujar Bupati Vandiko.

Selanjutnya, Bupati Samosir bersama dengan BPPW Sumut melakukan monitoring dan peninjauan lapangan ke Taman Sitolu Hae Horbo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasatker Wilayah 3 BPPW Sumut Dwiatma Singgih Raharja, PPK PKP Wilayah 3 BPPW Sumut Enda Simakasura Ketaren, ST, Analis BMN BPPW Sumut Normalina Purba, ST, Pj. Sekda Waston Simbolon, SAB Bidang Tata Praja dan Pemerintahan Rudi SM. Siahaan.

Kemudian, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Plt. Kadis PUTR Rudimanto Limbong, Kaban BPKAD Melva Siboro, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Camat Pangururan Robintang Naibaho.(Ung)
×
Berita Terbaru Update