Notification

×

Iklan

Iklan

Polemik Angkutan Batubara di Jambi, DPR RI Tawarkan Solusi Komprehensif

Minggu, 20 November 2022 | 15:17 WIB Last Updated 2022-11-20T08:17:38Z
Anggota DPR RI, Dr. Ir. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM 


Jambi.Internationalmedia.id.- Anggota DPR RI, Dr. Ir. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM meminta agar persoalan angkutan Batubara di Provinsi Jambi yang kian semerawut ditangani secara komprehensif dan menemukan solusi yang terbaik.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi itu menilai perlu langkah cepat dan tepat untuk mengurai kemacetan angkutan batubara di Jambi.

Dikatakan, solusi angkutan batubara harus melalui pendektan komprehensif berdasarkan skala keterdesakannya. Semangkin mendesak maka solusi yang dilakukan harus jangka pendek segera dilakukan.

"Melihat kemacetan yang makin menjadi - jadi solusinya bisa dengan melakukan pelebaran jalan dari di titik - titik yang macet, karena badan jalan sudah sangat tidak sebanding dengan jumlah kendaraan, termasuk opsi membatasi jumlah truk merupakan bagian dari solusi jangka pendek," ungkap tokoh yang dikenal sebagai Bapak Beasiswa Jambi tersebut. 

Dalam hal ini Sutan Adil Hendra(SAH) mengatakan terkait status jalan yang akan diperlebar perlu komunikasi intens kepemerintah pusat, agar ada bantuan anggaran pelebaran jalan.

Selain itu SAH juga menganalisa solusi jangka menengah, berupa pembuatan jalan khusus Batubara, memindahkan sebagian pelabuhan Talang Duku ke Sabak sehingga penghentian truk tidak menumpuk pada satu titik. 

Untuk jangka panjang SAH mengatakan Jambi perlu menginisiasi pembangunan jalur kereta api untuk mengangkut Batubara dan hasil pertanian Jambi. Ide besar membangun rel kereta api ini menurutnya pernah dibicarakannya dengan sang Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, kata SAH dalam suatu perbincangan dengan wartawan, di Jambi, Sabtu(19/11/2022).

Pada waktu itu SAH mengatakan jika Jambi memiliki jalur kereta api, bukan hanya masalah angkutan batubara yang terselesaikan, tetapi juga hasil bumi yang lain berupa sawit dan sayur mayur akan mudah mengalami value edit.

Saya ceritakan sama Pak Prabowo, jika dari linggau jalur kereta api tembus ke Sarolangun, Batanghari hingga Sabak, masalah batubara akan selesai, tak ada lagi kemacetan. 

Lalu dari Solok Sumbar Rel Kereta Api bisa disambung ke Kerinci, lalu ke Bungo terus Tebo hingga Tungkal. Hasil sayur mayur dari Kerinci bisa dibawa dengan kereta api ke Tungkal secara cepat, sore muat barang, tengah malam sampai Tungkal, pagi sudah bisa sampai Singapura.

Dengan demikian, petani kita akan makmur dan sejahtera, ungkap Ketua HKTI Provinsi Jambi tersebut.

Menurutnya Pak Prabowo sendiri, terlihat antusias akan idenya membangun rel kereta api di Jambi, bahkan Menteri Pertahanan itu mencatat segala ide dalam diskusi mereka ke dalam buku kerjanya. Waktu itu Pak Prabowo mengatakan Insya Allah diskusi ini akan dimulai jika mendapat amanah dari masyarakat, katanya mengakhiri.(edison marpaung)
×
Berita Terbaru Update