Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Samosir Perpanjang Kerjasama dengan UNIMED

Senin, 21 November 2022 | 18:30 WIB Last Updated 2022-11-21T11:30:15Z
Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, ST dan Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, S.K.M, M.Kes Teken perpanjangan kerjasama di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin (21/11/2022)

Samosir.Internationalmedia.id.- Pemerintah Kabupaten Samosir memperpanjang kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (UNIMED) terkait kerjasama bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.  

Perpanjangan kerjasama yang sudah dimulai sejak Tahun 2016 lalu ini, ditandai dengan Penandatangan MoU oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dan Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, S.K.M, M.Kes di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin (21/11/2022).

Penandatanganan perpanjangan kerjasama ini disaksikan oleh sejumlah pejabat diantaranya Ketua Senat UNIMED Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor II Prof. Dr. Martina Restuati, M.Pd, Wakil Rektor III Prof Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc, Ph.D, Asisten I Sekdakab Samosir Drs. Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, ST, MM dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan sebanyak 192 orang Mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari UNIMED ke Pemkab Samosir. Mahasiswa ini akan ditempatkan di 15 Desa Wisata di Kabupaten Samosir selama 1 minggu kedepan.

Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, S.K.M, M.Kes menyambut baik pelaksanaan kegiatan penandatanganan dan penerimaan mahasiswa program PMM. Dengan ditandatanganinya  perpanjangan kerjasama ini, maka UNIMED akan mengimplementasikan di semua bidang yang relevan dengan universitas dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir. 

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka  (PMM) ini, adalah salah satu program Kemendikbud Ristek yang merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester yang akan mengajak para mahasiswa, untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 SKS. 

Dengan mengikuti program PMM, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara. Mendapat pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa. Mendapat kesempatan untuk merefleksikan nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

"Melalui PMM ini, saya juga berharap adik-adik mahasiswa ini akan menjadi duta promosi pariwisata yang baik bagi Kabupaten Samosir, setalah selesai nantinya", ujarnya.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir. Dirinya menyampaikan terima kasih sekaligus menyambut baik dan mendukung program ini, karena akan memberi dampak yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, yakni Kabupaten Samosir dan juga Mahasiswa peserta PMM.

"Harapan kami para mahasiswa ini akan mengaplikasikan ilmunya di lokasi desa yang dikunjungi, sehingga kedepan akan ada kemandirian desa dalam hal peningkatan pembangunan kearah yang lebih baik", katanya.

Bupati Samosir juga berharap kerjasama dengan UNIMED kedepan dapat semakin ditingkatkan termasuk diberbagai bidang dalam mendukung pencapaian Visi Kabupaten Samosir. Menurutnya, pembangunan akan semakin cepat telaksana apabila ada kerjasama yang baik dengan akademisi-akademisi handal.(Ung)

×
Berita Terbaru Update