Notification

×

Iklan

Iklan

Kapten Kapal Jackson Marpaung dan 11 Awak Kapal Yang Tenggelam di Taiwan Diyakini Masih Hidup

Sabtu, 05 November 2022 | 21:42 WIB Last Updated 2022-11-05T14:49:11Z
Kapten Kapal  Barang Shin Shuen, Jackson Alboin Frans Marpaung


Bandung.Internationalmedia.id.-Kapten Kapal  barang Shin Shuen No 1 berbendera Panama, Jackson Alboin Frans Marpaung, 50 bersama 11 awak kapal lainnya yang tenggelam di lepas Pelabuhan Kaoshiung Taiwan, diyakini masih hidup.

Dalam keterangannya kepada Internationalmedia.id.-yang dihubungi lewat telepon seluler Ny Leni Sumart boru Tobing, istri Jackson Marpaung di Batam, Sabtu(5/11/2022) menyebutkan, keyakinan suaminya dan 11 awak kapal lainnya masih hidup karena di lokasi tenggelamnya kapal tersebut terdapat beberapa pulau-pulau kecil disekitarnya. 

Mungkin saja mereka terdampar disalah satu pulau di sana dan kemungkinan, mereka tidak memiliki alat komunikasi sehingga tidak bisa berkomunikasi.

Dituturkan bahwa, sebelum kapal tenggelam, sehari sebelumnya yakni 30 Oktober, ada 3 orang kru kapal yang mengalami kecelakaan kerja. Kemudian, pak Jackson Marpaung memanggil panggilan darurat untuk mendatangkan helikopter.

Helikopterpun datang dan ketiga orang ini berhasil dibawa ke darat.Terus besoknya,  yakni, 31 Oktober sekitar pukul 15, cuaca sangat buruk dengan gelombang tinggi dan besar. 

Melihat situasi demikian, pak Jackson sebagai Kapten kapal kembali memanggil panggilan darurat, namun, helikopter sangat lama datang, sehingga 17 kru termasuk pak Jackson mengeluarkan sekoci, tetapi sekoci bermasalah.

Namun demikian, ada 5 orag kru yang nekat naik ke skoci yang rusak ini, sedang pak Jackson dan yang lainnya tidak berani. Jackson beserta kru yang lain mengeluarkan life raft ( sekoci darurat) sehingga ke 12 orang ini termasuk pak Jackson lompat ke life raft, tapi sebelum itu mereka sudah saling berikatan dengan tali agar tidak saling berpisah-pisah.

Yang 5 orang kru yang lompat ke skoci ini sudah ditemukan dan ditolong oleh kapal yang sedang melintas. Tetapi 12 orang kru termasuk pak Jackson yang berada di life raft masih dalam masa pencarian tim sar dan tim dari perusahaan.

Ini berdasarkan kesaksian 5 org yang selamat, dan melihat kejadia tersebut,kata Ny Leni menuturkan.

Jackson Alboin Frans Marpaung dan Keluarga

Menurut Ny Leni Sumart boru Tobing, hari ini Tim SAR melakukan pencarian dan menyisir pulau-pulau kecil yang ada disekitar. Dia berharap kepada Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia melalui Konsulat di Taiwan untuk melakukan pencarian suaminya dan 11 awak kapal lainnya sampai dapat. Jangan hanya satu minggu. Tolonglah sampai mereka ditemukan pintanya.

Sebagaimana diketahui, Kapten Jackson Alboin Frans Marpaung, pensiun dini dari PT Pelindo Belawan, kemudian bekerja di kapal barang Shin Shuen No 1. Memiliki 3 orang akan dan tinggal di Batam Center, Batam.

Sebelum peristiwa terjadi, kapal ini mengangkut semen dari Pulau Batam tanggal  17 Agustus 2022. Selama dalam pelayaran, kapal tersebut kerap kali mengalami kerusakan mesin.

Terakhir mengalami kerusakan mesin di perairan Vietnam. Ini diketahui dari Jackson yang hampir tiap hari berkomunikasi dengan anak-anaknya dan isterinya Ny Leni Tobing.(lysmar)
×
Berita Terbaru Update