Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Toba Ikuti "Pesta Gotilon," Ibadah Syukur Atas Panen Kepada Tuhan

Minggu, 09 Oktober 2022 | 20:06 WIB Last Updated 2022-10-09T13:06:06Z
Pesta Gotilon Dohot Manghamauliatehon Ummiran Covid-19  di Gedung Serba Guna Gereja Huria Kristen  Batak Protestan HKBP Resor Tampahan, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (9/10/2022)

Toba.Internationalmedia.id.-Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak mengatakan Pesta Gotilon seusai panen yang berhasil, merupakan bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas berkat yang kita terima selama Tahun 2022 ini.

Hal ini dikatakan Wabup Tonny seusai mengikuti  ibadah Pesta Gotilon Dohot Manghamauliatehon Ummiran Covid-19 (Pesta syukur panen dan menurunnya Covid-19) di Gedung Serba Guna Gereja Huria Kristen  Batak Protestan HKBP Resor Tampahan, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (9/10/2022).

Sebelumnya Wabup Tonny menyampaikan salam dari Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus yang tidak dapat hadir karena  saat ini sedang melaksanakan tugas di luar daerah.

Selanjutnya Wabup Tonny mengatakan Pemerintah Kabupaten Toba bersama jemaat gereja ikut bersuka cita hari Minggu ini , bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang diterima  selama ini melalui “Pesta Gotilon” dan Perayaan Puncak Tahun Kesehatian Gereja HKBP.

"Kami hadir di sini tidak lengkap karena hari ini secara bersamaan ada beberapa acara gereja di Kabupaten Toba.Jadi kami (para pejabat) berbagi tugas ,"kata Wabup Tonny kepada para pengurus gereja, panitia,dan warga jemaat dari 11 Lunggu (sektor).

Wabup Tonny juga mengajak warga jemaat dan masyarakat agar mendukung dan menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Toba di antaranya IP2 (indeks Pertanaman 2 kali) bagi petani dan ketahanan pangan.

"Mari kita bergotong royong ,menjaga kebersihan , pelestarian lingkungan dan mendukung ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing dengan menanam tanaman cabai , bawang merah atau lainnya yang bisa menghasilkan penambahan pendapatan," kata Tonny yang dikenal memiliki kampung halaman di Kecamatan Tampahan ini. 

Pada bagian akhir sambutannya, Wabup Tonny menyampaikan 3 umpasa Batak  (pantun berisi ujaran kebaikan) kepada warga jemaat .


"Sinuan hariara bahen partungkoan di tonga ni huta
Sinur ma napinahan tugabena naniula
Nadihuta unang marmara
Horas-horas ma hamu Sasude tumpakon ni Tuhanta Namartua."

Umpasa ini  berarti meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan.

Umpasa kedua ,"Balintang ma pagabe tumundalhon sitadoan
Arimu ma gabe molo masi paolololoan."
Umpasa kedua ini  berarti kesejahteraan akan datang  apabila memiliki sikap saling pengertian serta Saling mendukung.

Umpasa terakhir,"Sahat-sahat ni solu sahat ma tu bontean Leleng ma hamu mangolu Sahat tu parhorasan sahat tu panggabean."

Umpasa ketiga sekaligus penutup ini  berarti Tuhan memberi umur yang panjang, sehat-sehat dan memperoleh berkat-Nya.

Sebelumnya digelar ibadah bersama yang dipimpin Pdt. Bedwin Simanjuntak,S.Th dan Ibadah syukur Gereja HKBP Resor Tampahan ini  kali ini mengusung Tema Haporseaon do na paluahon ho (Lukas 17: 11-19) dan Sub tema Gabe arasi roha ,parroha mauliate dohot hehe tu angka ulaon na denggan.

Di penghujung acara, tampak para utusan kaum ibu  Lunggu membawa tandok berisi silua  (persembahan) berupa hasil panen padi atau beras. Bahkan ada seorang bapak yang memberikan seekor kambing.Para remaja juga ikut membawa silua berupa makanan dan minuman.

Turut mendampingi Wabup, Sekretaris Dewan DPRD Joni Hutajulu, Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Requel Hasadaan, Plt.Kadis Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Salomo Simanjuntak.

Kemudian, Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Camat Tampahan E.Lisbet  Mariani Situmorang, Kabid Pendidikan Dasar SD/SMP Bergman Sitorus yang mewakili Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Toba Jafar Aritonang.

Tampak hadir juga anak rantau asal Tampahan di antaranya Mangapul Siahaan, Rim Marluat Napitupulu, dan lainnya. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update