Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Raih Mendali Emas di Festival Itaewon 2022

Senin, 17 Oktober 2022 | 08:59 WIB Last Updated 2022-10-17T01:59:02Z

Korea Selatan.Internationalmedia.id.- Indonesia berhasil meraih juara pertama di Festival Itaewon dengan nilai tertinggi dibanding 4 negara finalis lainnya yaitu, Filipina, Ukraina,  Nigeria dan Kolombia. 

Salah satu komponen penilaian adalah melalui penampilan Tarian Gantar Belian dari Kalimantan yang mencerminkan jiwa gotong royong bangsa Indonesia, yang ditampilkan secara apik oleh Kelompok Tari Tradisional Indonesia.

Komponen utama lainnya berasal dari meriahnya parade kebaya, busana adat dan Batik serta Wastra Nusantara yang diikuti hampir 150 anggota masyarakat Indonesia di Korsel yang berasal dari lintas profesi dan mencerminkan kebhinekaan Indonesia. 

Parade membuktikan bahwa tidak hanya masyarakat Korea Selatan yang menunggu-nunggu, masyarakat internasional yang berdomisili di Korsel pun tampak antusias menanti parade tersebut,kata Gandi Sulistiyanto yang diwawancarai secara daring pasca penutupan Festival Indonesia in Festival Itaewon (16/10/2022). 

Lebih lanjut Dubes Sulis, spaan akrab Gandi Sulistiyanto, menyampaikan bahwa Festival Indonesia 2022 bertujuan mempromosikan kebaya sebagai busana yang mencerminkan identitas perempuan Indonesia. 

Di barisan pertama parade Indonesia, tampak komunitas perempuan Indonesia di Seoul termasuk Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul mengenakan kebaya dan kain Nusantara dengan elegan. 

Di samping itu, busana adat dari berbagai provinsi dan Batik serta Tenun tampak apik dikenakan seluruh peserta parade Indonesia. 

Sebelum parade berakhir di tanggal 15 Oktober 2022, setiap kontingen diberikan kesempatan untuk menampilkan pertunjukan budaya di hadapan barisan Walikota Itaewon, Duta Besar dan kalangan sektor swasta serta seniman. 

Merdunya lagu “Gemu Fa Mi Re/Maumere” terdengar saat dilantunkan. Di akhir parade yang diselenggarakan di jalan raya Itaewon, wakil dari komunitas perempuan Indonesia menyampaikan buket kembang kepada Ms Hee Young Park, Pimpinan Distrik Yongsan-gu yang merupakan penyelenggara Festival Itaewon.

Di sesi pengumuman pemenang tanggal 16 Oktober 2022, Indonesia dinobatkan sebagai Juara Pertama Festival Itaewon. Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul, Zelda Wulan Kartika, bersama menyaksikan wakil masyarakat Indonesia yaitu KTTI menerima Gold Prize sebesar 5 juta Won. 

Diungkapkan kebanggaan masyarakat Indonesia dengan capaian KTTI sebagai juara pertama Festival Itaewon 2022. Di tahun 2019, KTTI tampil sebagai juara kedua. KTTI kini beranggotakan pekerja professional dan Pekerja Migran Indonesia/PMI. 

Festival Indonesia merupakan kegiatan tahunan KBRI Seoul. Namun akibat pandemi, festival belum dapat diselenggarakan secara luring di tahun 2020 dan 2021. Untuk pertama kalinya, Festival Indonesia diselenggarakan bersamaan dengan Festival Itaewon yang terakhir diselenggarakan secara luring di tahun 2019 pra pandemi. 

Sampai berakhirnya Festival Itaewon di tanggal 16 Oktober 2022, disampaikan sebanyak hampir 1 juta masyarakat Korea dan asing turut ikut serta dan meramaikan festival tersebut. Ini merupakan strategi promosi KBRI Seoul untuk meningkatkan jumlah pengunjung parade budaya dan ekonomi kreatif Indonesia serta booth Indonesia.

Promosi Festival Indonesia kepada masyarakat Korea Selatan sejalan dengan kepemimpinan Indonesia di forum G20, termasuk bidang ekonomi kreatif dan budaya. 

Pada Peringatan 50 Tahun Hubungan Bilateral RI-Korsel di tahun 2023, KBRI Seoul akan secara aktif mendorong dan menjembatani kerjasama anrara pelaku industri kreatif Indonesia dan Korsel.(marpa)

×
Berita Terbaru Update