Notification

×

Iklan

Iklan

Gereja GKII Lumban Julu Toba dan Rumah Pendeta Hangus Terbakar

Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:44 WIB Last Updated 2022-10-12T05:44:41Z
Gereja GKII saat dilalap api

Toba.Internationalmedia.id.-Gereja GKII (Gereja Kemenangan Iman Indonesia) dan rumah tinggal Pendeta gereja di Dusun 1 Pintu Oloan Saba Desa Sinar Sabungan Kec.Bonatualunasi, Kabupaten Toba hangus terbakar dilalap api, Selasa, (11/10/2022) sekira pukul 18.45 WIB.

Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui Kasie Humas Iptu Bungaran Samosir menyatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 18.45 WIB dan dalam waktu tak lama gereja itu hangus terbakar.

Tidak berselang lama 3 Unit mobil Damkar milik Pemkab Toba dan mobil Damkar milik UPTD pemadam kebakaran Kecamatan Porsea tiba di lokasi dan dengan gerak cepat melakukan upaya pemadaman api hingga benar benar api total padam.

Kemudian dilakukan pendinginan hingga mengeluarkan asap dari puing bangunan yang terbakar.

Berdasarkan informasi dari warga gereja diperoleh keterangan di hari peristiwa tersebut, ibu Pendeta GKII Lamris Sianturi bersama tiga orang anaknya hendak akan melaksanakan kegiatan kebaktian.

Saat itu anaknya bernama Yuda mendengar ada suara ledakan kecil pada bagian atas rumah yang sekaligus digunakan sebagai gereja GKII serta melihat ada percikan api tepat di atap pada bagian seng Gereja.

Mengetahui hal tersebut, Lamris Sianturi melakukan pemeriksaan dan pengecekan ke arah dalam dapur rumah dibelakang satu dinding dengan gedung gereja. Namun tidak ada ditemui kompor ataupun barang lainnya yang menyebabkan kecurigaan akan terjadinya kebakaran.

Selanjutnya Lamris Sianturi berupaya melihat ke arah atap Gereja saat itu dilihatnya bara api telah berjatuhan serta lidah api sudah menyala nyala yang juga merembet ke arah belakang hingga ke bagian seluruh fisik bangunan gereja.

Melihat hal tersebut sontak Lamris Sianturi berteriak minta tolong. Mendengar teriakan Lamris Sianturi warga sekitar berdatangan dan berupaya memberikan bantuan dan pertolongan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya serta berupaya menyelamatkan barang milik keluarga korban dan gereja menunggu bantuan Mobil Pemadam kebakaran datang.

Untuk melakukan tindakan pengawasan dan pengamanan lokasi TKP Polsek Lumbanjulu bersama personil Babinsa Koramil Lumbanjulu melakukan tindakan pengawasan dan pengamanan atas peristiwa kebakaran di dusun 1 Pintu Oloan Saba Desa Sinar Sabungan Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba serta melakukan upaya evakuasi pengamanan para korban.

Terkait penyebab dan dugaan sumber api terjadinya kebakaran dugaan sementara terjadi akibat korseleting hubungan arus pendek listrik.

Peristiwa kebakaran tersebut tidak ada menelan jiwa namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk penampungan sementara bagi korban dan para keluarganya BNPB (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Toba telah mendirikan tenda darurat sebagai tempat pengungsian korban dan keluarganya.(Ung)

×
Berita Terbaru Update