Notification

×

Iklan

Iklan

Dilepas Bupati, 152 Mahasiswa USU Selesai Lakukan KKNT di Samosir

Kamis, 27 Oktober 2022 | 17:22 WIB Last Updated 2022-10-27T10:22:56Z
Sebanyak 152 Mahasiswa Universitas Sumatera Utara(USU) bersama Bupati Samosir dan Jajarannya

Samosir.Internationalmedia.id.-Sebanyak 152 Mahasiswa Universitas Sumatera Utara(USU) selesai melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik(KKNT) selama 40 hari di Kabupaten Samosiri.

Para mahasiswa ini kembali ditarik, dan aktif kembali kuliah di USU Medan, Mereka, dilepas dan diberangkatkan langsung oleh Bupati Samosir didampingi Plh. Sekda Waston Simbolon,  Kepala Bappeda, Rajoki Simarmata di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis(27/10/2022).

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan KKNT Mahasiswa USU di Kabupaten Samosir. Bupati berharap, kerjasama, pengabdian Tridarma Perguruan Tinggi dari USU tetap terjalin. 

Menurut Bupati Samosir, kerjasama ini sangat penting, dimana  mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu kepada masyarakat, memberi kontribusi  nyata dalam penerapan ilmu, sehingga pemerintah desa maupun masyarakat dapat berinovasi untuk membangun desa.

"Harapan kami, dengan adanya KKN ini, Pemkab Samosir dan USU tetap bersinergi. Sehingga mahasiswa dapat memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran, berinovasi dalam membangun desa sebelum terjun dalam dunia kerja nyata," kata Bupati Samosir.

Lebih lanjut disampaikan, kehadiran mahasiswa USU di Kabupaten Samosir sangat membantu. Memberikan kontribusi positif dalam menggali potensi desa dan memandirikan desa. Kedepan, diharapkan lebih banyak lagi kuota mahasiswa yang melaksanakan KKN di Samosir, sehingga seluruh desa di Kabupaten Samosir dapat merasakan manfaat kehadiran mahasiswa.

"Sebagai Bupati dan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir, kami mengucapkan banyak terima kasih. Semoga adek-adek dapat segera lulus dengan nilai terbaik. Kelak menjadi pemimpin dan persiapkan diri sebaik mungkin" tutur Bupati Samosir mengakhiri.

Sekretaris pengelola KKNT USU, drg.  Ranu Putra Armidin menjelaskan, bahwa pelaksanaan KKNT di Samosir dilaksanakan  selama 40 hari.

Diutarakan bahwa KKN tahun 2022 di Kabupaten Samosir, menerapkan sistim tematik dalam pemberdayaan masyarakat. Masyarakat di Desa Wisata diberdayakan untuk menggali potensi desa. 

Mahasiswa KKNT USU yang  terbagi dalam 9 kelompok dibagi ke dalam 3 desa yaitu Desa Tomok, Kelurahan Tuktuk Siadong dan Desa Sipira. "Penempatan mahasiswa mayoritas ke desa wisata, hal ini untuk memberdayakan masyarakat dalam menggali potensi desa wisata tersebut, memberdayakan masyarakat dari sisi ekonomi" kata Ranu

Diakuinya, kesuksesan KKNT USU di Samosir tidak terlepas dari support Pemkab Samosir. "Kehadiran Bupati dalam acara ini merupakan bukti keseriusan dan dukungan bagi kami untuk melanjutkan program ini kedepan" ucapnya. 

Untuk tahun berikutnya, Ranu mengatakan akan menambah kuota mahasiswa KKN, sehingga dapat  menjangkau lebih banyak desa di Kabupaten Samosir.(Ung)

×
Berita Terbaru Update