Notification

×

Iklan

Iklan

Menlu ASEAN Bertemu di New York Bahas Persiapan KTT ASEAN

Jumat, 23 September 2022 | 10:45 WIB Last Updated 2022-09-23T03:45:46Z
Menlu RI, Retno Marsudi di depan para Menlu ASEAN dalam Informal ASEAN Foreign Ministers' Meeting (IAMM),Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, (22/09/2022)

New York.Internationalmedia.id.-Saya tegaskan kembali bahwa bagi Indonesia, kepentingan bersama ASEAN harus menjadi prioritas utama kita. Kemajuan pembangunan komunitas ASEAN harus terus berlanjut,

Hal ini disampaikan Menlu RI di depan para Menlu ASEAN dalam Informal ASEAN Foreign Ministers' Meeting (IAMM), di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, (22/09/2022). 

IAMM kali ini membahas antara lain persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, November 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI mendorong agar dalam KTT bulan November di Phnom Penh nanti, isu implementasi 5 Points Consensus (5PC) dapat dibahas secara khusus oleh Para Pemimpin ASEAN. Para Menlu sepakat dengan usulan tersebut.

Guna mempersiapkan pembahasan di KTT, para Menlu juga sepakat untuk melakukan Pertemuan Persiapan pada tingkat Menteri Luar Negeri, yang akan dilakukan di Jakarta pada bulan Oktober 2022.

Five-point consensus adalah kesepakatan terkait langkah penyelesaian situasi di Myanmar,  antara lain: (1) penghentian kekerasan; (2) dialog konstruktif antara semua pihak terkait di Myanmar untuk mencapai solusi damai; (3) penunjukan Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar untuk fasilitasi proses dialog; (4) penyaluran bantuan kemanusiaan oleh ASEAN; dan (5) kunjungan Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak.(marpa)

×
Berita Terbaru Update