Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia dan Burundi Sepakati Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas

Jumat, 23 September 2022 | 20:35 WIB Last Updated 2022-09-23T13:35:00Z
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Shingiro telah melakukan penandatanganan Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas antara Indonesia dan Burundi

New York.Internationalmedia.id.-Indonesia terus menaruh perhatian terhadap Afrika untuk memperluas peluang investasi dan perdagangan, kata Menlu Retno Marsudi saat melangsungkan Pertemuan Bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Burundi, Albert Shingiro, di sela-sela Sesi Debat Umum Sidang ke-77 Majelis Umum PBB di New York (22/09/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno dan Menlu Shingiro telah melakukan penandatanganan Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas antara Indonesia dan Burundi. Menlu RI berharap perjanjian dimaksud dapat lebih meningkatkan interaksi hubungan antar pejabat kedua negara.

Sementara itu, Menlu Burundi berharap perjanjian tersebut dapat membuka jalan bagi perjanjian bilateral lainnya, khususnya perjanjian perlindungan penananam modal dan perjanjian penghindaran pajak berganda, untuk mendorong peningkatan investasi kedua negara. 

Secara khusus, Menlu Burundi juga mengundang investasi Indonesia di Burundi, khususnya di sektor pertambangan mineral.

Kedua Menlu juga berdiskusi mengenai upaya peningkatan hubungan ekonomi kedua negara. Secara khusus, Menlu RI juga menyampaikan undangan bagi para pebisnis dan perusahaan Burundi untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37, Oktober 2022. 

Partisipasi pengusaha Burundi di TEI 2022 diharapkan dapat meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi kedua negara yang sempat terkena dampak pandemi.(marpa)

×
Berita Terbaru Update