Notification

×

Iklan

Iklan

Disdukcapil Sergai Berikan Pelayanan Kependudukan di Hari Minggu

Jumat, 09 September 2022 | 19:56 WIB Last Updated 2022-09-09T12:56:30Z
Layanan keliling(Yanling) Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai) di hari Minggu

Sei Rampah.Internationalmedia.id.-Layanan keliling(Yanling) Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai), berikan pelayanan kependududkan di hari Minggu.

Seperti yang terlihat pada hari ini, Minggu (4/9/2022) lalu, saat Yanling Disdukcapil Kabupaten Sergai tampak beroperasi di Pasar Rakyat Sei Rampah. 

Pelayananan Disdukcapil ini berbarengan dengan pelaksanaan program Gerakan Belanja Bersama Kebutuhan Dapur dan Harian di Pasar Rakyat (Grebek Dahsyat). 

Kepala Dinas Dukcapil Sergai, Fitriadi, S.Sos, M.Si, saat ditemui di sela-sela kegiatan operasional Yanling menyebut jika program ini merupakan bentuk dedikasi dinas yang ia pimpin untuk mendukung visi Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Tambunan yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Yanling ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat Sergai yang ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Mulai dari rekam e-KTP, pembuatan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan surat keterangan penduduk lainnya.

Petugas kami siap membantu, ucap Fitriadi sembari menambahkan jika khusus untuk e-KTP, saat ini masih diprioritaskan pelayanan bagi warga yang baru pertama kali melakukan perekaman atau e-KTP pemula, imbuhnya.

Yanling Disdukcapil Sergai sudah beroperasi sekitar 4 minggu di Pasar Rakyat Sei Rampah. Adanya program ini, sebutnya lagi, tentu mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat.

Dikatakan, pihaknya ingin agar pelayanan kependudukan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat bisa lebih mudah diakses, baik dari segi jarak dan waktu. Bahkan di luar hari kerja, seperti hari Minggu ini masyarakat tetap bisa menerima pelayanan maksimal. 

Lokasinya juga berdekatan dengan pasar rakyat, jadi warga bisa sekalian berbelanja. Ini juga bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk menghidupkan perekonomian di pasar rakyat Sei Rampah,” beber Fitriadi.

Ningsih, warga Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu mengaku jika program ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan maupun berurursan dengan kepentingan doikumen kependudukan.

“ Ini sangat memudahkan kami, selain bisa berbelanja kebutuhan dapur, kami juga bisa menyelesaikan urusan lain yang tentunya mudah ditemui meski di hari libur seperti saat ini,” ungkap ibu satu anak ini yang datang ke Pasar Rakyat bersama temannya.

Selain Yanling, Disdukcapil Kabupaten Sergai juga punya pelayanan online yang dikelola oleh Disdukcapil Sergai dan diberi nama Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat (Bakso Urat). 

Layanan yang dilaunching pada Mei tahun 2021 lalu itu, tak kalah pentingnya dalam memudahkan urusan dokumen kependudukan bagi masyarakat Sergai. Untuk aplikasinya bisa didapatkan di lawan website Pemkab Sergai ya (www.serdangbedagaikab.go.id).

Dalam kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya bersama Wabup Adlin Tambunan menekankan pentingnya mempermudah masyarakat dalam proses pelayanan publik, terutama dalam pembuatan berkas-berkas kependudukan.

“ Tentunya lewat aplikasi ini layanan yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu, kini dapat dipersingkat melalui pemaksimalan Information Technology (IT). Tentu akan mempermudah masyarakat yang tinggalnya dari pusat pemerintahan, terangnya.

Penggunaan aplikasi ini juga dapat dilakukan di 5 kecamatan, untuk memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan. 

Adapun 5 (lima) titik simpul tersebut yaitu, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kecamatan Dolok Merawan dan Kecamatan Serbajadi.(KAMI/Ida)

×
Berita Terbaru Update