Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk ! Lake Toba Traditional Music Festival Digelar 3 Hari di Kabupaten Toba

Jumat, 05 Agustus 2022 | 14:46 WIB Last Updated 2022-08-05T07:46:21Z
Lake Toba Traditional Music Festival

Balige.Internationalmedia.id.-Untuk membangun ekosistem kebudayaan di kawasan Danau Toba sekaligus upaya melestarikan musik-musik tradisional di Sumatra Utara khususnya di kawasan Danau Toba,  maka Lake Toba Traditional Music Festival (LTTMF) 2.0  akan digelar di  Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 5-7 Agustus 2022.

Acara Pembukaannya Pukul 19.00 WIB,di Puncak Tarabunga, Desa Tarabunga, Kecamatan Tampahan,Jumat ,5 Agustus 2022.

Menurut Ketua Rumah Karya Indonesia , Marojahan Andrian Manalu bahwa LTTMF ini merupakan bagian dari festival tradisi Indonesia , program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset ,dan Teknologi melalui  Direktorat Perfilman,Musik,dan Media yang bekerja sama dengan Rumah Karya Indonesia.

Festival  ini merupakan tahun kedua dengan tema Suara Danau; Memaknai,Merawat, dan Menghidupkan Musik Tradisional.

Lokasi festival ada di tiga desa yaitu Meat, Tarabunga,dan Lintong Nihuta .

Pada hari pertama pembukaan, Jumat (6/8/2022) selain seremoni akan diisi dengan sejumlah kegiatan di antaranya Transfer Bunyi dengan 150 anak khususnya dari desa setempat.

Kemudian persembahan Opera bertema Perempuan Penjaga Masa Depan berjudul Hutahatubuanku oleh 15 pemusik tradisional se-kawasasan Danau Toba dan 60 Panortor pra Lansia dan Lansia dari tiga desa setempat . Selanjutnya akan ada penampilan Marsada Band.

Demikian juga hari kedua dan ketiga akan ada puluhan penampilan sanggar,band , kelompok lainnya.

Pada hari kedua Sabtu (6/8/2022) ada juga diskusi "Karakteristik dan Potensi Musik Tradisi dalam Festival"  dengan narasumber Dra. Irawati Kusumorasi ,M.Sn (Solo Internasional Performing Arts) .

Pada puncak Festival,hari ketiga , Minggu (7/8/2022) akan ada penampilan artis Tongam Sirait. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update