Notification

×

Iklan

Iklan

Pertemuan Bilateral Menlu RI - Menlu Afrika Selatan

Kamis, 07 Juli 2022 | 14:48 WIB Last Updated 2022-07-07T07:48:50Z
Menteri Luar Negeri RI dengan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, G.N.M. Pandor

Bali.Internationalmedia.id.-Menteri Luar Negeri RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, G.N.M. Pandor, pada 7 Juli 2022, yang berada di Bali dalam rangka menghadiri Pertemuan Menlu G20, 7-8 Juli 2022.

Dalam kerja sama bilateral, kedua Menlu menyambut baik peningkatan perdagangan bilateral sebesar 115% pada tahun 2021, yang mencapai USD 2,8 miliar, dibandingkan tahun 2020 sebesar USD 1,3 miliar. Kedua negara sepakat untuk lebih meningkatkan lagi volume perdagangan bilateral di masa datang.

Selain itu, kedua Menlu juga menyambut baik telah diselesaikannya pembahasan MoU kerja sama di bidang pertahanan dan perikanan, yang akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Kedua Menlu juga sepakat untuk lebih mengintensifkan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan.

Dalam konteks kerja sama multilateral, Menlu RI dan Menlu Afrika Selatan menyepakati pentingnya agar suara negara-negara berkembang dapat lebih di dengar dalam berbagai isu internasional. Hal ini dapat dicapai antara lain melalui forum Gerakan Non Blok (GNB).

Menlu Afrika Selatan menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia sebagai Presiden G20 yang menunjukkan keberpihakan kepada negara berkembang. Hal ini dapat dilihat pada diundangnya Uni Afrika dan perwakilan dari negara-negara berkembang dalam berbagai pertemuan G20.(marpa)

×
Berita Terbaru Update