Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Minta Kepala Sekolah dan Guru Sosialisasikan Pendidikan “Batak Naraja”

Senin, 13 Juni 2022 | 19:06 WIB Last Updated 2022-06-13T12:06:44Z
Bupati Toba Poltak Sitorus

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba Poltak Sitorus mengajak  para Kepala Sekolah dan guru dalam  mendidik  siswa dengan menyosialisasikan pendidikan karakter Batak Naraja. 

Dalam Batak Naraja ada empat unsur yaitu Batak yang Marugamo (beragama), Maradat (menerapkan adat Batak),Marparbinotoan (memiliki ilmu pengetahuan) dan Maruhum (taat hukum).

Karakter Batak Naraja ini disebutkan Bupati Poltak Sitorus dalam kata sambutannya , saat membuka secara resmi Launching Penguatan Pendidikan Karakter Warga Sekolah se-Kabupaten Toba  di SMP Negeri 1 Silaen,Senin ,13 Juni 2022.

Menurut Bupati Poltak Sitorus di era kemajuan teknologi dan informasi ini, semua informasi menjadi mudah didapat. Namun tantangan juga semakin banyak.

Bupati Poltak Sitorus yang  juga merupakan alumni SMP Negeri 1 Silaen ini mengapresiasi sambutan selama datang dengan salam Batak Naraja dari sejumlah siswi di pintu gerbang sekolah.

Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Forkopimda Toba

Sebelumnya di pintu gerbang sekolah, sejumlah siswi SMP setempat dengan memakai ulos Batak mempersembahkan tarian  Batak untuk menyambut Bupati Toba bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Toba Samosir Baringin, Kapolsek Silaen R.Tampubolon ,Plt.Danramil Silaen Marulak Sitorus,dan Pdt.Pantas Simanullang  dari Gereja Huria Kristen Batak Protestan di Silaen.

Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya juga menekankan pentingnya pendidikan karakter ini disamping pencapaian di bidang akademik.

Disebutkan baru-baru ini siswa  di Kabupaten Toba meraih 728 medali di ajang Kompetisi Olimpiade Sains. Yaitu 260 medali emas,240 medali perak dan 228 medali perunggu.

"Selamat kepada guru yang telah memberhasilkan para anak kita dapat bersaing di tingkat nasional.Selamat kepada para anak kami  yang telah membawa nama harum Kabupaten Toba di kancah nasional.Tingkatkan terus prestasinya," sebutnya dihadapan para kepala sekolah se-Toba dan perwakilan siswa.

"Semua prestasi ini akan menjadi sia-sia jika anak- anak kita terlibat dengan berbagai kenakalan remaja.Akan menjadi sia-sia jika mereka terlibat dengan penyalahgunaan narkoba,dan lain sebagainya," sambungnya.

Ia pun meminta semua pihak bergandeng tangan untuk meningkatkan nilai-nilai pendidikan karakter anak-anak.Sehingga menjadi anak yang cerdas, pintar dan beriman. 

Senada ,Kejari Toba Baringin juga menyebutkan bahwa pendidikan karakter ini adalah sangat penting. Pihaknya siap bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba untuk terjun memberikan sosialisasi pendidikan karakter unggul,andal dan taat hukum ke sekolah-sekolah di Toba.

Turut hadir Plt.Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Toba, Rikardo Simamora.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update