Notification

×

Iklan

Iklan

Menlu RI dan Menlu Prancis Bertemu di Paris, Bahas Kerja Sama Energi

Kamis, 21 April 2022 | 17:25 WIB Last Updated 2022-04-21T10:25:02Z
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan  Menlu Prancis, Jean Yves Le Drian di Paris

Jakarta.Internationalmedia.id.-Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah bertemu dengan  Menlu Prancis, Jean Yves Le Drian, tanggal 20 April 2022 di Paris. Pertemuan membahas berbagai isu bilateral dan situasi dunia saat ini. 

Pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari pembicaraan per telepon antara Presiden RI dan Presiden Macron (22 Maret 2022) dan pembicaraan per telepon kedua Menlu (18 Maret 2022). 

Saat ini, Prancis memegang peran sebagai Presiden Uni Eropa dan Indonesia sebagai Ketua G20. Dengan peran khusus ini, kedua pihak sepakat untuk terus meningktkan komunikasi dan konsultasi terkait berbagai isu penting dunia. 

Terkait kerja sama bilateral, kedua Menlu sepakat pentingnya peningkatan kerjasama di bidang energi. Untuk itu, Menlu Perancis sampaikan rencana pengiriman satu tim teknis Prancis untuk berkunjung ke Jakarta guna membahas kerjasama energi secara lebih detail. 

Kedua Menlu juga membahas secara mendalam situasi di Ukraina dan G20. Menlu Retno secara konsisten tekankan pentingnya perang segera dihentikan dan perdamaian dapat terwujud melalui negosiasi. 

Kedua Menlu juga membahas dampak ekonomi dari perang di Ukraina, terutama kenaikan harga energi dan pangan. 

“Jika perang terus terjadi, maka dampak ekonomi akan dirasakan semua negara, terutama negara berkembang dan least developed countries", ujar Menlu Retno.

Mengenai presidensi G20, Menlu Perancis kembali tekankan dukungannya terhadap presidensi Indonesia serta prioritas-prioritas kerja yang dimajukan Indonesia.

Setelah satu hari di Prancis, Menlu Retno langsung melanjutkan perjalanan ke Belanda untuk bertemu Menlu Belanda, membahas kerja sama bilateral dan berbagai isu global khususnya kerja sama mengatasi dampak pandemi dan situasi ekonomi dunia saat ini.

Indonesia dan Prancis telah menjadi mitra strategis sejak 2011. Pada Oktober 2021, Menlu Retno dan Menlu Le Drian telah menandatangani Rencana Aksi 2022-2027 untuk mewujudkan kemitraan strategis kedua negara yang membawahi berbagai bidang kerja sama termasuk politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi, kesehatan, serta energi.(marpa)

×
Berita Terbaru Update