Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Sri Lanka

Jumat, 29 April 2022 | 20:13 WIB Last Updated 2022-04-29T13:13:42Z

Jakarta.Internatiopnalmedia.id.- Kloter pertama bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan dan alat kesehatan dari Indonesia kepada Sri Lanka diberangkatkan pada Kamis (28/04/2022) menggunakan penerbangan Sri Lankan Airlines. 

Bantuan tersebut terdiri dari 8 item obat sitostatika dan 6 item alat kesehatan dengan nilai Rp 4,5 miliar. 

Pengiriman bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk mengirimkan bantuan sebanyak 11 item obat dan 8 item alat kesehatan dengan total berat 3,1 ton dengan  nilai Rp 22,1 miliar kepada negara sahabat yang tengah dilanda krisis tersebut. Kloter kedua akan diberangkatkan pada tanggal 8 Mei 2022 mendatang.

“Sri Lanka adalah mitra penting bagi Indonesia dan bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban hidup rakyat Sri Lanka saat ini," kata Sekjen Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam seremoni pelepasan bantuan yang diselenggarakan di area kargo bandara Soekarno-Hatta pada hari Kamis (28/04).

Pada kesempatan tersebut, bantuan kemanusiaan diserahkan secara simbolis oleh Sekjen Kementerian Kesehatan kepada Dubes Sri Lanka untuk Indonesia dan ASEAN, Yasoja Gunasekera. 

Dubes Gunasekera mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang telah menunjukkan perhatian yang besar terhadap rakyat Sri Lanka melalui pemberian bantuan kemanusiaan tersebut.

Pemberian bantuan kemanusiaan kali ini menjadi terasa lebih istimewa karena merupakan donasi dari sembilan perusahaan farmasi dan alat kesehatan Indonesia dalam skema corporate social responsibility.

Acara pelepasan bantuan kemanusiaan ini juga dihadiri antara lain Deputy Head of WHO Country Office Indonesia Dr Arturo Pesigan, serta para pejabat Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kedubes Sri Lanka di Jakarta, WHO Country Office Indonesia, dan insan pers Indonesia. 

Setibanya di Sri Lanka, bantuan kemanusiaan ini diserahterimakan secara simbolis oleh Dubes RI di Kolombo kepada Menteri Kesehatan Sri Lanka yang selanjutnya akan mendistribusikan ke rumah sakit – rumah sakit pemerintah di Sri Lanka.

Indonesia merupakan salah satu negara eksportir produk farmasi utama ke Sri Lanka. Beberapa perusahaan farmasi terkemuka Indonesia telah berhasil memasarkan produknya di Sri Lanka dan minat perusahaan farmasi lain untuk menjajaki pasar Sri Lanka cukup besar.(marpa)

×
Berita Terbaru Update