Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia – Austria Perkuat Dialog Lintas Agama melalui Pemuda dan Toleransi Beragama di Dunia Digital

Selasa, 26 April 2022 | 10:17 WIB Last Updated 2022-04-26T03:17:07Z

Bandung.Internationalmedia.id.- Pemuda dan toleransi beragama di dunia digital menjadi topik utama dalam Webinar Pertama Dialog Lintas Agama Indonesia – Austria ke - 7 (26/4/2022). 

Dilaksanakan secara virtual di Bandung dan Wina, Dialog Lintas Agama menjadi wadah pertukaran pandangan mengenai peran pemuda dalam toleransi dan upaya – upaya yang dilakukan untuk menjaga toleransi di dunia digital.

Diharapkan dapat identifikasi tantangan dan potensi masalah, Dialog Lintas Agama juga merupakan tindakan efektif untuk mengatasi isu keberagaman di lingkungan masyarakat khususnya terkait isu agama dan upaya memelihara pluralisme. 

Membuka kegiatan, Direktur Jenderal IDP, Teuku Faizasyah menyampaikan bahwa pemuda yang lahir dan dibesarkan sebagai digital native, memiliki keunggulan dalam beradaptasi dan memimpin transformasi digital global. 

“Pemuda dapat menjadi lead power di media sosial dan memegang kunci untuk mempromosikan keragaman dan membantu dalam pencegahan ekstremisme kekerasan" pungkasnya. 

Sementara, Teresa Indjein, Director-General for International Cultural Relations, Kementerian Luar Negeri Austria menggarisbahwahi mengenai pentingnya kerja sama antara Indonesia – Austria dalam Dialog Lintas Agama dan menyambut penyelenggaraan selanjutnya pada bulan September di Wina. 

Selain itu Teresa Indjein juga menyampaikan pentingnya suara pemuda sebagai entitas yang dapat mengubah dunia dan masa depan, namun masih jarang terdengar suaranya terutama dalam bidang politik dan pentingnya dialog antar pemuda untuk memupuk toleransi dan pemahaman akan pluralisme. 

Menghadirkan expert dan pemuda dari kedua negara, antara lain Pak Ismail Fahmi (Founder of Drone Emprit), Mr. Moritz Wein (Austrian Federal Ministry of Education, Science, and Research).

Kemudian, Ibu Lisa Esti Puji (Youth Commission Indonesian Bishops' Conference), Ms. Edina Husovic (Islamic Religious Community Austria), Rosyad Farouq (Muhammadiyah Student Association), dan Ms. Magdalena Lorenz (Catholic Youth Organization). 

Dialog Lintas Agama RI – Austria ke-7 menyepakati pentingnya peran pemuda dalam mempromosikan toleransi dan upaya membangun saling pengertian antar umat beragama di era digital.

Sejak 2004, Kementerian Luar Negeri terus mengadvokasi toleransi dan menghadapi tantangan seperti berita bohong, radikalisme, dan terorisme melalui penyelenggaraan Interfaith Dialogue (DLA). Hingga 2022 Indonesia tercatat telah bermitra dengan 34 negara di dunia. 

Indonesia dan Austria telah menjadi mitra DLA sejak 2008 dan telah menyelenggarakan 6 (enam) kali Dialog Lintas Agama. DLA ke-6 RI – Austria  dilaksanakan pada Oktober 2017.(marpa)


×
Berita Terbaru Update