Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Lapor ke Gubsu Keganasan “Ikan Iblis Merah” di Danau Toba

Selasa, 26 April 2022 | 20:09 WIB Last Updated 2022-04-26T13:12:03Z
Gubsu, Edy Rahmayadi bersama Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus  didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Jonni DP Lubis

Medan.Internationalmedia.id.- Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus  didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Jonni DP Lubis melapor ke Gubernur Sumataera Utara(Gubsu), Edy Rahmayadi atas keganasan “Ikan Iblis Merah”, di rumah dinas Gubsu, Selasa(26/4/2022).

Mengawali laporannya, Bupati Poltak Sitorus menyampaikan beberapa hal utama yang diharapkan dapat menjadi perhatian khusus yakni mengenai keluhan masyarakat disekitar Danau Toba khususnya masyarakat Toba tentang keberadaan ikan predator red devil yang merugikan masyarakat secara ekonomi dan mengganggu keseimbangan ekosistem Danau Toba.

Bupati Poltak berharap adanya perhatian Pemerintah Provsu melalui Gubsu Edy agar kiranya membantu Kabupaten Toba dalam menurunkan populasi red devil dan pemulihan ekosistem.

Menyikapi hal tersebut, Gubsu Edy menyambut baik dan akan segera melakukan tindak lanjut penguraian populasi ikan red devil melalui OPD terkait pada Pemprovsu untuk segera melakukan penangkapan ikan dgn cara apapun guna meminimalisir populasi dan perkembangan ikan red devil di Danau Toba. 

Ikan Iblis Merah

Gubsu Edy juga mengatakan akan memberikan bantuan bibit ikan yang akan ditabur di perairan Danau Toba guna turut mendukung Pemkab Toba dalam hal pemulihan ekosistem Danau Toba melalui penaburan bibit ikan baru di bulan Juli mendatang dengan ukuran bibit ikan 8 cm.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati dan Gubsu mendiskusikan beberapa hal dalam rangka Sinergitas Pembangunan Provinsi Sumatera Utara dengan Kabupaten Toba.


Sementara itu, terkait pertanian, Gubsu Edy mempertanyakan mengapa Kabupaten Toba masih satu kali panen setahun.

Bupati Poltak Sitorus menanggapi  bahwa Kabupaten Toba pada tahun ini telah berencana melakukan pertanaman dua kali (IP2), akan tetapi terdapat beberapa kendala dalam hal ketersediaan benih dan alat-alat pertanian (sapras).

Oleh karena itu Bupati Poltak Sitorus juga mengharapkan bantuan dari Provsu agar nantinya Kabupaten Toba dapat sukses dalam melaksanakan IP2 di tahun ini

Mendengarkan hal tersebut, Gubsu Edy mengapresiasi dan Pemprovsu akan turut mensupport melalui bantuan ketersediaan benih dan peralatan pertanian yang dibutuhkan guna mendukung dan mensukseskan IP2 di Kabupaten Toba.

Di akhir diskusi usai mendengarkan penjelasan atas keluhan masyarakat yang disampaikan Bupati Toba, Gubsu Edy memerintahkan stakeholder/ OPD pada Dinas Pertanian dan Peternakan untuk merespon dan memfasilitasi pertemuan Pemkab Toba dengan OPD terkait hari ini juga.

Turut mendampingi Bupati Toba, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan.(Ung)

×
Berita Terbaru Update