Notification

×

Iklan

Iklan

Audensi dengan Bupati, SMK Arjuna Laguboti akan Kembangkan Obat Herbal

Rabu, 06 April 2022 | 18:12 WIB Last Updated 2022-04-06T11:12:40Z
Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Kepala Sekolah Sitor Butarbutar, Josep Manurung (Guru Produktif Farmasi), dan 2 orang siswinya, di ruang kerja Bupati, Rabu (6/3/2022)

Toba.Internationalmedia.id.-Menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Toba dengan PT. Indofarma terkait pengembangan obat herbal, SMK Swasta Arjuna Laguboti melakukan audiensi dengan Bupati Toba.
 
Mereka yang beraudensi dengan Bupati Toba Poltak Sitorus tersebut Kepala Sekolah Sitor Butarbutar, Josep Manurung (Guru Produktif Farmasi), dan 2 orang siswinya, di ruang kerja Bupati, Rabu (6/3/2022).

Pihak SMKS Arjuna Laguboti meminta bimbingan dan arahan dari Pemkab Toba, sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerjasama 25 Februari lalu. Jangan sampai penandatanganan MoU berakhir begitu saja, mengingat masa waktu perjanjian adalah selama satu tahun, dan saat ini sudah hampir berjalan dua bulan.

Selama ini SMKS Laguboti melakukan penelitian terhadap tanaman obat, hanya sebagai pemenuhan kurikulum produk kreatif, akan tetapi produk tersebut belum layak untuk dipasarkan.

Salah satunya adalah penggunaan daun binahong sebagai betadine herbal.

Sitor Butabutar berharap, kreatifitas anak didik dan guru dapat dikembangkan, dengan dukungan dari Pemkab Toba untuk mensuplai kebutuhan tanaman obat.

Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Koperindag, siap untuk melakukan pengawasan, jangan sampai obat yang diproduksi tidak sesuai dengan standar obat nasional.

Pemerintah juga akan melakukan sosialisasi dan mendorong petani menanam tanaman obat tersebut, apabila PT. Indofarma sudah bersedia menampung, dan obat herbal sudah bisa diproduksi secara massal.

“Tapi itu tidak bisa kami lakukan, tanpa ada jaminan dari Indofarma, untuk menampung itu,” ujar Bupati Poltak Sitorus.

“Kita tidak ingin masyarakat ini rugi, karena tenaga, biaya, pupuk, dan segala macam, sudah pasti nanti dikeluarkan mereka,” sebutnya menambahkan.

Namun untuk mengetahui porsi masing-masing, akan dilakukan pertemuan lanjutan dengan PT. Indofarma baik secara virtual ataupun secara langsung.

Turut hadir dalam audiensi, Asisten Ekonomi Pembangunan Jonni Lubis, Kadis Pertanian T.H Sitorus, dan mewakili Dinas Koperindag.(Ung)

×
Berita Terbaru Update