Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat akan Lebih Sejahtera, Komisi IV Apresiasi Jawa Barat Menembus dengan Jalan Tol

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:34 WIB Last Updated 2022-02-17T04:34:17Z
Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady

Bandung.Internationalmedia.id.- Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady mengapresiasi dengan akan dibangunnya akses jalan antar kota di Jawa Barat yang ditembus dengan jalan Tol.

Pembangunan jalan Tol yang sedang dikerjakan dan yang masih akan dikerjakan ini sangat bermanfaat bagi roda perekonomian dalam menyejahterakan masyarakat dan warga Jawa Barat pada umumnya.

Bebarapa jalan Tol yang akan menembus kota-kota di Jawa Barat itu, di antaranya Bogor-Cianjur-Sukabumi(Bocimi),Tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba), Kota Sukabumi-Cianjur-Padalarang(Sukacipa).

Kemudian, tol Sukabumi-Palabuhan Ratu-Merak (Suparame), Gedebage-Tasikmalaya- Cilacap (Getaci), Cirebon-Sumedang-Dawuan) Cisumdawu, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) dan yang lainnya.

Tol Bocimi

Menyinggung masalah pembangunan jalan tol Bocimi(Bogor-Cianjur-Sukabumi), sampai hari ini Tol tersebut belum rampung total. Jadi, mari kita tunggu lebih dulu tol penghubung Bogor-Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km itu rampung, kata Daddy dalam suatu wawancara di Bandung, Kamis(17/2/2022).

"Setelah Bocimi tuntas, ada dua arah sebagai kelanjutannya. Ke kiri berarti ke arah Cianjur. Ada pula ke kanan, yakni arah Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Jika kita melanjutkan ke kiri, masih menurut Daddy, berarti mengikuti blue print di BPJT. Itu berarti akan menghubungkan Kota Sukabumi-Cianjur-Padalarang (Sukacipa).

Sedangkan jalur yang ke arah Palabuhan Ratu akan menghubungkan Sukabumi-Palabuhan Ratu. Jika ini dilanjutkan, bisa sampai ke Merak. Jadilah Tol Suparame.

Dengan semua tol itu pasti akan menambah banyak destinasi wisata baru yang kian terkuak. Akses ke semua destinasi itu makin mudah sehingga makin singkat pula waktu tempuhnya.

"Soal penggantian lahan, saya kerapkali menyampaikan agar konsepnya jangan menggunakan paradigma 'ganti rugi'. Cobalah digeser sedikit menjadi 'ganti untung'. 

Jika itu yang dipakai, saya yakin masyarakat akan menerima dengan lapang dada," pungkas Daddy yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra itu.

Dengan pembangunan keseluruhan jalan tol, Setidaknya, kita bisa akses ke lebih banyak tempat dalam waktu lebih singkat. 

Semoga pula bayar tiket tolnya tidak terlalu mahal sehingga ekonomi Jabar terus meningkat. Dengan demikian masyarakat akan lebih sejahtera, katanya mengakhiri. (Ter)

×
Berita Terbaru Update