Notification

×

Iklan

Iklan

Lantik 106 Kepala Desa, Bupati Dairi Bilang Jangan Larut dalam Euforia

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:15 WIB Last Updated 2021-12-23T08:15:35Z
Suasana acara Pelantikan Kepala Desa se Kabupaten Dairi

Sidikalang.Internationalmedia.id.-Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melantik 106 Kepala Desa pemenang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2021 yang telah dilaksanakan beberapa pekan lalu.

Pelantikan Kepala Desa dari 14 Kecamatan ini dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) dan Serbaguna, Sidikalang pada Rabu (22/12/2021) dengan tetap membatasi jumlah undangan yang hadir karena pelaksanaannya masi di tengah situasi Pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Dalam arahannya Bupati Eddy Berutu menyampaikan pelaksanaan Pilkades serentak beberapa waktu lalu secara umum berjalan secara demokratis, aman dan kondusif.

Jikapun ada riak-riak ketidakpuasan dari peserta dari beberapa desa, saya melihat semua masih dalam hal yang wajar dalam kehidupan berdemokrasi. Bilapun ada masalah di tengah Pilkades kemarin, saya harapkan bisa kita perbaiki di tahun yang akan datang. 

Sekaligus saya berpesan pada para Kades pemenang, jangan larut dalam euforia, tapi mulailah bekerja, merangkul seluruh lapisan masyarakat termasuk yang berbeda pilihan dan kembali merajut persatuan, ujar Eddy Berutu.

Dikatakan, bahwa dalam sejarah pengaturan desa telah ditetapkan beberapa pengaturan tentang desa, namun hal yang paling mendasar adalah pengakuan dan pemberian kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan dan kebutuhan masyarakat desa. 

Akan tetapi dirinya lebih lanjut menerangkan dalam mewujudkan pengaturan dan pengurusan kepentingan dan kebutuhan masyarakat itu tidak boleh bertentangan dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi termasuk Peraturan Daerah (Perda).

“Jadi, kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Dairi hendaknya turut dilaksanakan dan disukseskan oleh pemerintah desa. Dan selaras dengan hal itu, maka perwujudan pencapaian visi dan misi kepala desa dimasa jabatannya harus juga selaras dengan perwujudan pencapaian visi misi kabupaten Dairi”, tegas Bupati Dairi.

Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan harapannya agar setiap Kepala Desa terpilih mampu mewujudkan keunggulan yang ada di setiap masing-masing Desa yang dipimpinnya untuk memakmurkan dan memandirikan tiap-tiap desanya.

Saya sangat mengharapkan keunggulan yang ada di desa bisa diwujudkan oleh kepala desa di daerah desanya masing masing seperti keunggulan dalam kualitas dan kuantitas hasil produksi hasil pertanian sebagai unggulan daerah kita. 

Termasuk mewujudkan keunggulan dalam pelayanan publik, seperti dalam bidang kesehatan, dan pendidikan termasuk unggul dalam standart dan kualitas pelayanan administrasi dan management sistem penyelenggaraan pemerintah daerah, tambah Eddy Berutu.

Disebutkan, bahwa dalam perwujudan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Dirinya senantiasa akan memerlukan dukungan dari para kepala desa.

“Kita harus selaras, sehingga dengan demikian akan mempercepat pencapaian target-target program pembangunan secara keseluruhan akan bermuara pada tercapainya visi misa desa dan tentunya Kabupaten Dairi. Sekali lagi, Selamat. Bekerjalah dengan amanah”, pungkas Eddy Berutu.

Turut hadir dalam pelantikan ini, unsur Forkopimda, Kapolres Dairi, AKBP Wahyudi Rahman, Dandim 0206/Dairi, Letkol (Arm) Adietya Yuni Nurtono, SH, perwakilan Kajari, penjabat Sekda, Budianta Pinem, ketua TP.PKK kabupaten, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu, serta camat dari 14 kecamatan.(james)

×
Berita Terbaru Update