Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia dan Rusia Perkuat Kerja Sama di Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

Rabu, 15 Desember 2021 | 15:23 WIB Last Updated 2021-12-15T08:23:30Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Indonesia dan Rusia sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang politik, hukum, dan keamanan. Kedua negara juga berkomitmen untuk kerja sama dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan dan global. 

Hal tersebut merupakan hasil pertemuan Konsultasi Bilateral ke-6 antara Indonesia dan Rusia di Bidang Keamanan yang berlangsung di Jakarta pada Selasa (14/12/2021).

Konsultasi membahas berbagai isu, seperti perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Rusia, kerja sama pertahanan, teknik militer, penegakan hukum, dan keamanan siber. 

Dibahas juga kerja sama dalam penanggulangan berbagai ancaman global, seperti terorisme, peredaran obat terlarang, pencucian uang, kejahatan lintas batas, dan pendanaan terorisme.

“Saya menyampaikan apresiasi tinggi atas hubungan bilateral Indonesia dan Rusia yang terus berkembang dan semakin kokoh," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD kepada mitranya dari Rusia saat memimpin pertemuan.

Kedua pihak juga membahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama, seperti keamanan di Asia Pasifik, kerja sama ASEAN-Rusia, isu Afganistan dan Myanmar.

Diakhir Konsultasi, Menko Polhukam RI dan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Indonesia dan Rusia di bidang Keamanan Informasi Internasional. Kedua negara mempunyai kepentingan yang sama dalam meningkatkan kemanan internasional terkait teknologi informasi dan komunikasi.

“Semoga disepakatinya perjanjian ini dapat mendorong terwujudnya ruang siber yang terbuka, damai, dan aman," kata Mahfud MD.

Dalam kesempatan ini, delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, yang didampingi para anggota delegasi dari Kementerian dan Lembaga terkait, termasuk Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, Delegasi Rusia dipimpin oleh Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay Patrushev, yang datang ke Jakarta dengan delegasi lengkap dari Kementerian dan Lembaga terkait, termasuk Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobyova.

Sehari sebelumnya, pada Senin (13/12/2021), Sekretaris Nikolay Patrushev melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI Joko Widodo. 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden RI menyampaikan presidensi Indonesia pada G20 dan meminta dukungan Rusia untuk kesuksesan penyelenggaraan G20 dengan program-program yang diusung Indonesia. 

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan harapan kehadiran Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada KTT G20 mendatang.(marpa)

×
Berita Terbaru Update