Notification

×

Iklan

Iklan

Tak Perlu Lagi Pinjam Biaya Rayakan Nataru, Toba Panen Jagung Perdana di 3 Kecamatan

Selasa, 23 November 2021 | 17:21 WIB Last Updated 2021-11-23T10:21:08Z
Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus menyaksikan saat panen Jagung

Toba.Internationalmeia.id.-Pemerintah Kabupaten Toba mengapresiasi Panen Jagung Perdana di Desa Nauli Kecamatan Sigumpar, Desa Narumonda IV Kecamatan Siantar Narumonda, dan Desa Lumban Manurung Kecamatan Parmaksian Senin, (22/11/2021).

Dalam keterangan yang disampaikan langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi jajarannya, mengatakan bahwa, bantuan bibit jagung tersebut diserahkan kepada petani di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar, pada 21 Juli 2021 lalu.

“Inilah jagung yang kita tanam kemarin, akhir bulan Juli. Kita bersyukur, berterimakasih kepada Tuhan, bahwa petani sudah bisa panen hari ini, terlebih panen bersama,” kata Bupati Toba.

Ia berharap, panen jagung kali ini bisa menambah penghasilan petani, untuk memenuhi kebutuhan menjelang Natal dan Tahun baru.

“Kalau sudah seperti ini, maka biaya untuk merayakan natal dan tahun baru tidak perlu lagi meminjam dari pihak lain dan tentu hal seperti ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya bangga.

Menurut survey yang dilakukan BPS, diketahui hasil ubinan jagung di Desa Nauli Kecamatan Sigumpar 7,4 Kg dengan perkiraan produksi 6,72 Ton/Ha, hasil ubinan jagung di Desa Narumonda IV Kecamatan Siantar Narumonda 7,5 Kg dengan perkiraan produksi 6,81 Ton/Ha dan hasil ubinan jagung di Desa Lumban Manurung Kecamatan Parmaksian 10 Kg dengan perkiraan produksi 9,07 Ton/Ha.

Kepala BPS Kabupaten Toba Whenlis Purba mengatakan, perbedaan ini disebabkan oleh cara perawatan dan faktor lain, sebab kualitas bibit sama saja.

Sementara itu, Hotdi boru Sitorus seorang petani jagung di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar, merasa senang dan sangat terbantu dengan pengadaan bibit jagung tersebut.

Boru Sitorus meminta kepada Bupati Toba, agar program pengadaan bibit jagung seperti ini dapat berlanjut pada tahun berikutnya, setelah mereka selesai bertanam padi.

Turut hadir dalam panen jagung ini, Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak, Sekda Audi Murphy Sitorus, Asisten II Sahat Manullang, Kadis Pertanian T.H Sitorus, Kabag, Camat dan Kepala Desa terkait, serta undangan lainnya.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update