Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Toba Rencanakan Smart City Jadi Program Unggulan

Senin, 22 November 2021 | 15:43 WIB Last Updated 2021-11-22T08:43:44Z
Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas Smart City

Toba.Internationalmedia.id.-Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Toba gelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas Smart city dan quick win Program unggulan di daerah itu.

Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak menyatakan, konsep smart city merupakan wujud pembangunan berkelanjutan yang memiliki integritas percepatan pelayanan bagi masyarakat.

Konsep ini yang akan lebih baik membuat masyarakat lebih nyaman terlayani . Secara khusus bentuk pelayanan pemerintahan sudah terintegrasi dengan layanan internet .

Dengan demikian, tercipta ekonomi dan sumber daya manusia yang lebih baik dan berkualitas, katanya, Senin (22/11/2021) di Gedung SMU Unggul DEL di Laguboti, Toba Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kominfo, Lalo Hartono Simanjuntak didampingi Kabid Tekhnis, Porman Nainggolan menyebut bahwa Program Smart City merupakan konsep kota atau daerah yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan dari pemerintah kepada warga masyarakat.

"Bimtek ini merupakan tindak lanjut pada kegiatan yang sama pada rencana program smart city di tahap I-III. Untuk tahap ke-IV ini adalah yang terakhir," sebutnya.

Kementerian Kominfo diwakili Barry Simorangkir dalam arahannya rencana pelaksanaan program smart city di Kabupaten Toba menyebut ada enam pilar untuk menjadikan kota pintar yakni smart governance,smart society,smart living,smart economy,smart environment dan smart branding.

"Smart City merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota untuk mengatasi berbagai persoalan serta untuk peningkatan kualitas hidup manusia dan komunitas kota," katanya.

Hadir dalam Bimbingan Tekhnis Smart City selain Narasumber Wabup Tonny Simanjuntak,Kadis Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak dan Perwakilan Kementerian Kominfo juga hadir perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyelaraskan program smart city dimasing-masing bidang dan berakhir besok Selasa(23/1/2021). (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update