Notification

×

Iklan

Iklan

Ayak Naon ! Banyak Kaum Ibu Yang Jarang Memberi Masakan Ikan untuk Anaknya

Kamis, 25 November 2021 | 21:02 WIB Last Updated 2021-11-25T14:02:57Z

Ketua Forikan Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat mengikuti rangkaian Hari Ikan Nasional ke-8 di halaman depan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar, Kamis (25/11/2021)

Bandung.Internationalmedia.id.-Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan(Forikan) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengapresiasi seblak dan ranginang ikan produk UMKM. Inovasi makanan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan.

 

Saat ini konsumsi ikan masyarakat masih terbilang rendah disebabkan banyak hal seperti rasanya yang anyir, takut tertusuk duri, atau cara pengolahan yang rumit, atau budaya yang tidak terbiasa makan ikan.

 

Banyak ibu-ibu yang jarang memberi masakan ikan untuk anaknya karena takut kena duri. Sehingga penting untuk membudayakan makan ikan ini. Menarik karena di sini ada olahan ikan dengan disajikan berbentuk seblak. Itu sesuatu yang disukai anak-anak, ujar Atalia dalam peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 di halaman depan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar, Kamis (25/11/2021).

 

Selain seblak ikan, Atalia juga memuji kreativitas makanan kerupuk yang terbuat dari tepung plus sari ikan, kulit ikan, sampai bisa dibikin ranginang ikan.

 

“Ikan tidak selalu identik bentuk ikan, tapi bisa diperkenalkan dalam bentuk dan kemasan berbeda agar mudah disukai anak- anak. Contohnya olahan ikan tidak hanya jadi kerupuk kulit tapi jadi ranginang yang khas Jawa Barat,” kata Atalia.

 

Hari Ikan Nasional diperingati tiap 21 November. Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar bazaar produk ikan yang diikuti 30 pelaku UMKM dari 27 kabupaten/kota. Jabar pun berpartisipasi secara daring dalam kegiatan makan ikan serentak 34 provinsi dan 13 negara yang jadi puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2021.(Ter)

×
Berita Terbaru Update