Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Toba Berikan Pelatihan Menjahit bagi Angkatan Kerja Disabilitas

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:31 WIB Last Updated 2021-10-29T04:31:21Z
Bupati dan Wakil Bupati Toba bersama peserta pelatihan angkatan kerja Disabilitas

Toba.Internationalmedia.id.-Silakan mencoba dengan tekun, latih dirimu, jangan merasa rendah diri. Berinovasilah supaya hasilnya lebih bagus misalnya menjahit topi khas Batak tapi disukai wisatawan. Untuk wanita berupa asesoris. Pasti berhasil nantinya.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Poltak pada pembukaan Pelatihan Menjahit Bagi Angkatan Kerja di Yayasan Cahaya Bersama Rakyat, Sigumpar, Toba, Kamis (28/10/2021).

Pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja Toba dengan instruktur Melati Siahaan ini dilaksanakan sejak 28 Oktober – 1 Desember 2021 yang diikuti 20 peserta wanita penyandang disabilitas, umumnya tuna rungu.

Bupati Poltak Sitorus yang didampingi Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, para peserta memiliki ketrampilan dan pada akhirnya dapat membuka usaha baru, sesuai dengan pelatihan yang diikuti.

Kegiatan ini juga dapat mendorong terciptanya perluasan kesempatan kerja, dan mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Toba, serta meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, sebutnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kami mengharapkan para peserta agar benar-benar memberikan perhatian, keseriusan untuk mengikuti kegiatan ini, karena manfaatnya sangat besar bagi peserta,”sambungnya.

Ditambahkannya dengan tekun berlatih bisa saja suatu saat akan menjahit pakaian seragam Pemkab Toba.

Kepada instruktur Bupati mengharapkan agar benar-benar dan serius membimbing dan melatih para peserta, berikanlah yang terbaik kepada peserta, sesuai dengan kompetensinya. 

Agar mereka mudah mencerna apa yang diajarkan, kelak mereka bisa lebih kreatif, inovatif dan penuh kreasi, sehingga mampu bersaing dalam dunia usaha, terutama dalam menyongsong destinasi pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Bupati Poltak Sitorus juga memberikan motivasi semangat dengan menceritakan contoh kisah seorang pekerja disabilitas tuna daksa yang memiliki semangat dan tekad kuat, mandiri, hingga bisa sukses bekerja.

Ucapan dan sambutan Bupati Toba dialih bahasa isyarat oleh seorang ahlinya hingga dapat dimengerti para peserta. Selama acara tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Turut hadir Kadis Tenaga Kerja Toba Joni Hutajulu, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, beserta sejumlah pejabat lainnya. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update